Kamis, November 09, 2006

Teh vs Air Putih

Tujuh gelas air putih memang dibutuhkan untuk tubuh setiap harinya. Tapi tahu gak seh, penelitian terbaru menemukan meminum tiga gelas atau lebih teh setiap hari terbukti bisa menandingi khasiat air putih.Banyak orang mengira, minum teh cepat membuat haus dan dehidrasi. Namun penelitian yang dilakukan oleh European Journal of Clinical Nutrition mematahkan anggapan tersebut.
Ternyata selain menghilangkan dehidrasi, teh juga bisa melindungi tubuh dari penyakit. Para ahli percaya kandungan rasa dan ramuan teh dapat meningkatkan kualitas kesehatan.Zat polipenol antioksidan yang mencegah perusakan sel tubuh banyak ditemukan di berbagai makanan dan tanaman, termasuk dalam daun teh. Ahli nutrisi dari King College London, Dr Carrie Ruxton juga menuturkan beberapa keuntungan lebih yang bisa didapat para pengonsumsi teh.Menurut Ruxton dengan minum tiga gelas teh atau lebih setiap harinya dapat mengurangi risiko datangnya penyakit jantung. Beberapa studi lain juga menemukan teh bisa mencegah kanker kendati belum jelas bagaimana proses terjadinya. Teh juga mengandung flouride sehingga bagus untuk kesehatan gigi."Minum teh sebenarnya lebih baik dibandingkan meminum air putih. Jika air putih hanya berfungsi menggantikan zat cair dalam tubuh, teh bisa melakukan fungsi tersebut plus mengandung antioksidan. Manfaatnya lebih banyak," ungkap Ruxton seperti dikutip detikhot dari BBC News, Rabu(30/8/2006).Sayangnya meski teh ternyata belakangan diketahui punya banyak manfaat, hingga saat ini belum banyak orang yang memilih untuk minum teh ketimbang minuman ringan bersoda atau bahkan air putij. Ruxton menjelaskan, dari hasil penelitiannya diketahui teh kebanyakan diminum orang tua yang berusia 40 tahun ke atas.Untuk penderita anemia, Ruxton memberi saran khusus jika mereka ingin ikut mengonsumsi teh. Meski kadar kafein dalam teh tak sebanyak yang dimiliki kopi, peneliti menyarankan sebaiknya penderita anemia jangan minum teh saat makan besar, seperti makan siang. Alasannya, teh dapat mempengaruhi proses kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi yang terkadung di makanan.(yla/)

Source : http://www.detikhot.com
Aya : Ow...gitu ya, khasiatnya lebih banyak kalo minum teh?, well....boleh deh dicoba, tapi diSydney teh sosro ada gak yak?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar