Senin, Januari 22, 2007

Burqini...paan tuh?!

Sejak beberapa bulan terakhir, aku punya hobby baru, setelah martial art kini giliran olahraga renang kujabanin. For you information, aku sebelumnya sama sekali tidak bisa berenang tapi sangat menikmati aktivitas yang related with water seperti berenang (dengan gaya batu tentunya...) serta canoeing dan rafting. So, maka tidak heran jika sejak tiga bulan yang lalu aku gabung di Swimming class for adult beginner (hihihihihi.....telat yak?) yang ada di Sydney Aquatic Centre milik University of Sydney. Teknik yang diajarin memang sangat practical and applicable banget dan membuatku dari yang semula hanya tau gaya "batu" akhirnya jadi bisa berenang dengan freestyle and backstroke, senang buanget seh....hanya ada satu masalah yg sangat serius muncul, yaitu masalah swimsuit!!!!
Jujur, pada saat berenang aku tidak mengenakan jilbab, coz yaaa...anda pasti taulah gimana model swimsuit pada umumnya pendek, ketat dan minimalis. So....walaupun aku sudah mengenakan pants serta swimsuit yang berlengan, namun tetap saja tidak bisa menyembunyikan lekuk tubuh yang seharusnya tidak boleh menonjol, risih aja rasanya palagi berada dalam mixed swimmingpool-.-

Dari mbak Ita salah satu temanku yang juga doyan banget berenang, aku mendapat info tentang burqini yang dikirimkannya melalui email. Hmmm burqini, never heard it b4...paan tuh?

Burqini yang merupakan gabungan antara "burqa" dan "bikini" adalah swimsuit khusus yang dirancang oleh seorang designer Australia, Aheda Zanetti bagi muslimah yang mempunyai hobi berenang dan sering berinteraksi dengan air. Dibuat dari bahan Polyester yang ringan dan water-repellent serta praktis tuk dikenakan, burqini ini terdiri dari dua pieces, yaitu pants and long sleeves thigh or knee-lenght with head covering yang tetap menutupi seluruh tubuh kecuali wajah, tangan dan kaki.
Manfaatnya tidak hanya untuk menutupi aurat wanita, tapi dapat juga menghindarkan dari resiko kanker kulit akibat paparan Sinar UV yang sangat menyengat terutama dipinggir pantai atau outdoor pool, so model ini bisa juga dikenakan bgi mereka yang concern dengan problem kanker kulit yang angkanya lumayan tinggi di Australia. Selain itu design burqini ini juga telah menggiatkan kembali partsipasi wanita muslimah yang sebelumnya harus mundur dari olahraga air karena alasan dress code.

Sejauh ini burqini belum dijual diretail shop, pemasarnnya baru melalui internet dengan harga yang masih terbilang relatif mahal di Australia hiks....($AU170) sedang di New Zealand harganya berkisar antara $NZ192 -214 (di Indonesia gimana ya? Dah ada belum?). Walaupun banyak pihak masih skeptis dengan design ini, setidaknya ini adalah a new hope bagi wanita muslimah yang sebelumnya tidak bisa berpartisipasi mengikuti olahraga air dan menjalankan profesi sebagai life saver guard di pantai2 Australia semacam Cronulla dan Bondi Beach. Thanks to Aheda Zanetti tas inventionnya(Btw, turunin dikit dong harganya mbak Aheda.....).
Mbak Ita, K'Rini, Leesa....berenang lagi yuuuuuk minggu depan.........!!!!!!!

2 komentar:

  1. beli, Ya'... kalau butuh :D Asik lho berenang di pantai terbuka hehe

    BalasHapus
  2. Iya, pengen banget..tapi mahal, hiks.

    BalasHapus