Minggu, Januari 07, 2007

Redakan emosi dalam 6 detik

Dalam ilmu kecerdasan emosional (Emotional Intelligence/EI), ada cara yang paling singkat untuk meredakan stres atau emosi. Anda hanya perlu waktu enam detik untuk rileks dan mengingat hal-hal yang menyenangkan. "Kita menyebutnya 6 second pause. Jika sedang ingin marah atau kesal, stres, maka dalam waktu 6 detik kita harus bisa mengingat hal-hal yang menyenangkan. Di jamin setelah itu akan tenang kembali," kata Hanny Muchtar Darta, Managing Director Radani Edutainment, Certified Emotional Intelligent.
Hanny menjelaskan dalam waktu enam detik, tanpa terputus kita harus bisa mengingat enam hal yang menyenangkan. Misalnya tempat berlibur, makanan kesukaan, orang yang kita sayangi. Setelah lebih tenang barulah memikirkan yang ingin dilakukan. Dengan memakai sistem ini bila ingin marah pun bisa dikendalikan.
Metode 6 second pause ini berfungsi untuk menyeimbangkan kortisol dan limbic system selama 1-6 detik. Pada saat kita sedang stres, emosi tinggi maka kerja limbic system pada otak akan bergerak 80.000 kali lebih cepat dari pada kortisol. Limbic brain bagian dari otak sebelah kanan yang mengontrol emosi, rasa sayang dan memori. Sedangkan kortisol berfungsi untuk berpikir, seperti matematik, bahasa, dan analisa. "Bila emosi sedang negatif maka harus dikombinasikan antara logika dan perasaan. Memang tidak mudah melakukannya, perlu latihan dan kesabaran," ucap Hanny.
Source: www.kompas.co.id

2 komentar:

  1. Coba aja dulu kan lumayan tuk managemen emosi....ntar hasilnya kasih tau ya, biar bisa kubuat survey^_^

    BalasHapus