Minggu, Januari 21, 2007

Sebuah Renungan Awal 1Muharram 1428Hijriyah

Assalamu`alaikum Wr.Wb.
Dari milis tetangga, semoga bisa menjadi pengingat dan perenungan bagi kita semua terutama bagi diriku pribadi yang masih sering lalai dengan kewajibanku sebagai seorang muslimah dalam mengarungi hari2ku didunia yang fana dan penuh tipu daya ini. (Aya)

Satu hal yang pasti dalam kehidupan ini adalah bahwa kita akan mati. Karena itu kita harus selalu yakin dan sadar bahwa dunia hanyalah tempat pergantian hidup, bergiliran muncul sebentar, hidup, lalu mati, dan yang lain akan hidup di dunia sekarang, giliran kita hidup, dan ada saatnya hidup kita berakhir. Mau kemana lagi?
Dunia ini tidak akan kita bawa, kita tetap saja disini, kita hanya mengaku-ngaku sebentar, mengaku punya tanah, mengaku punya rumah, matipun tidak akan kita bawa. Kubur kita pun di tanah, bahkan nanti yang akan berpesta pora adalah cacing dan ulat yang akan memakan tubuh kita. Tubuh kita yang sekarang dipelihara, kalau kita sudah menjadi mayat 3 hari saja, orang sudah tidak mau berdampingan dengan kita.
Andaikata tubuh kita sudah kaku, kita pasti sedih, mata sudah tidak bisa lagi baca al-Qur`an, telingan tidak mendengar lagi majlis taklim, tidak ada lagi suara adzan, mulut tidak bisa lagi berdzikir menyebut nama Allah SWT, tangan tidak lagi bersedekah kalau sudah kaku, apalagi kalau kain kafan sudah membungkus diri kita. Tidak ada lagi kesempatan beramal, lalu mengapa kita sia-siakan kesempatan yang ada.
Mari tahun baru ini (1 Muharram 1428H) kita sama-sama memohon kepada Allah semoga kehidupan yang akan datang lebih baik dan barokah selalu mendapat petunjuk-Nya.
Ya Allah rahmatilah aku dengan Al-Qur’aan, jadikanlah ia sebagai pemimpin, cahaya, petunjuk, dan rahmat bagiku.
Ya Allah ingatkanlah apa yang aku lupa dari padanya, berikanlah ilmu apa yang belum aku ketahui maknanya, anugerahkanlah kepadaku untuk membacanya ditengah malam dan penghujung siang. Jadikanlah ia sebagai hujjah bagiku wahai Tuhan seru sekalian alam.
Ya Allah perbaikilah bagiku agamaku karena dialah penjaga urusanku, perbaikilah bagiku duniaku karena didalamnya aku hidup, perbaikilah bagiku akhiratku karena ia tempat kembaliku, jadikanlah kehidupan sebagai tambahan segala kebaikan bagiku dan jadikanlah kematian sebagai istirahatku dari segala kejahatan.
Ya Allah jadikanlah sebaik-baik umurku pada penghabisannya, dan sebaik-baik amalku adalah penutupnya dan sebaik-baik hari bagiku adalah hari berjumpa dengan-Mu. Ya Allah aku mohon kepada-Mu kehidupan yang tenteram, kematian yang tenang dan tempat kembali yang tidak menyedihkan dan membuka aib.
Ya Allah aku memohon kepada-Mu sebaik-baik permohonan, sebaik-baik do’a, sebaik-baik kejayaan, sebaik-baik ilmu, sebaik-baik amal, sebaik-baik pahala, sebaik-baik kehidupan, sebaik-baik kematian, teguhkanlah aku, beratkanlah timbangan kebaikanku, tinggikanlah derajatku, kabulkanlah sholatku, ampunilah segala kesalahanku, aku memohon ketinggian syurga.
Ya Allah aku memohon kepada-Mu keharusan mendapatkan rahmat-Mu dan keteguhan pengampunan-Mu, keselamatan dari segala dosa, kejayaan dari semua kebajikan, keuntungan syurga dan keselamatan dari neraka.
Ya Allah perbaikilah akhir hayat kami dalam segala perkara, selamatkanlah kami dari kenistaan hidup di dunia dan siksaan akhirat. Ya Allah anugerahkanlah bagi kami ketakutan kepada-Mu yang dapat menghindarkan kami dari berbuat maksiat kepada-Mu, ketaatan yang dapat menyampaikan kami kepada syurga-Mu, keyakinan yang dapat memperkecil musibah dunia yang menimpa kami, berilah kenikmatan kepada kami dengan pendengaran, penglihatan, dan kekuatan selama hidup kami, jadikanlah dia sebagai peninggalan kami, jadikanlah pembalasan kami kepada orang yang menzhalimi kami, tolonglah kami menghadapi orang yang memusuhi kami, janganlah Engkau jadikan dunia sebagai kehendak kami yang paling besar dan pengetahuan paling akhir kami, janganlah Engkau beri kekuasaan atas kami kepada orang yang tidak mengasihi kami.
Ya Allah janganlah Engkau tinggalkan dosa-dosa pada kami melainkan Engkau telah mengampuninya, janganlah Engkau tinggalkan kesusahan pada kami melainkan Engkau telah menggembirakannya, janganlah Engkau tinggalkan utang-utang pada kami melainkan Engkau telah menunaikannya, dan janganlah Engkau tinggalkan suatu keperluan dunia dan akhirat pada kami melainkan Engkau telah menunaikannya wahai dzat yang Maha Mengasihani.
Ya Allah, berikanlah kepada kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan selamatkanlah kami dari siksa api neraka.
Semoga Allah melimpahkan sholawat dan salam keatas junjungan kita Nabi Muhammad SAW dan kepada keluarganya serta para shahabatnya yang baik-baik. Aamiin.
Wassalam,

(Abusyainu)

2 komentar: