Rabu, Februari 21, 2007

The Queen of the Sydney Harbour

Pernah nonton pelem Titanic gak? Tau kan gimana gedenya kapal mewah yang tenggelam tahun 1912 itu? Nah, kalo ada kapal penumpang mewah yang jauh lebih huge dibanding Titanic, percaya gak?!
Kalo gak percaya, lemme introduce you to the longest, the talest, the widest and the most luxurious passenger vessel ever that visited Australia, Queen Mary 2 (QM2). Yup, QM2 yang kemaren tepat tgl 20 Februari mengunjungi sydney dari serangkain tournya keliling dunia selama 80 hari. QM2 tidak berlabuh sendiri, disana kapal megah ini akan berendezvous dengan saudara kecilnya, Queen Elizabeth 2 pada hari yang sama on February 20.
Diiring ratusan kapal2 yang tampak terlihat mungil disisi kanan QM2, kapal pesiar mewah ini tampak anggun menjulang tinggi memasuki Sydey Harbour saat fajar shubuh baru saja menyingsing. QM2 memasuki sydney harbour tepat jam 6am. Kedatangannya ini didahului oleh dentuman air mancur setinggi 50 meter keudara yang berasal dari fireboats sebagai kapal pemandu dan diiring puluhan helicopter, kapal2 kecil, yatchs dan boats dari segala jenis dan ukuran. Ok, jika belum ada ide how big the ship QM2 is, berikut facts yg aya kutip dari msn.com & smh. QM2 ini equal dengan 3x besar kapal Titanic, 4x luas football field dan 132x ukuran Manly ferries!!! Karena tingginya lebih dua meter dari sydney icon harbour bridge, kapal QM2 tidak dapat melalui bagian bawah Harbour Bridge dan karena saking gedenya pula maka dock yang ada diCircular Quay tak mampu menampung kapal dengan bobot mati 151.400 ton ini. Oleh karena itu, QM2 kemudian berlabuh di WoollooMoolloo, next to Mrs. Mcquarie point. Jadi tidak heran semenjak kemarin siang hingga menjelang malam, tempat ini padat dipenuhi oleh sydneysiders yang penasaran ingin melihat secara dekat the giant passenger vessel. Lokasi disekitar Opera House, Royal Botanical Garden, Mrs. Mcquairie point dan dock di wooloomoolo adalah beberapa spots yg sangat disesaki oleh pengunjung.

Saat berlabuh kemarin tercatat ada sekitar 2700 penumpang yang menempati 23 dek dalam QM2 dan diawaki oleh lebih kurang 1253 kru kapal. Saat melihat langsung dari dekat QM2 ini aku sempat takjub dan heran, kok bisa ada arsitek yg mampu ngedesain kapal segede dan secantik itu dan gak tenggelam pula?!
Puncak perayaan kedatangan QM2 ini adalah diluncurkannya fireworks tepat jam 8.50pm. Again, spectaculer fireworks in sydney, dudes!!! Fireworksnya berlangsung sekitar 10 menit dibagian tengah Sydney Harbour. Tentu saja sebagai photography freaks aku sudah lebih dulu berada disana meneken spot menarik bersama Ita, Wayan, Anita,Irfan dan juga Anton tuk mengabadikan peristiwa langka ini. Fireworksnya seperti yg sudah-sudah sebelumnya, sangat cantik dan spektakuler menghiasi gelap malam perairan disekitar Sydney Harbour. Berwarna-warni dengan berbagai bentuk seperti bunga yang mekar, matahari, air mancur dan masih banyak bentuk lainnya yang membuat penonton terlongong-longong saking kagumnya. Harus kuakui untuk urusan fireworks celebration, Sydney emang gak ada matinya!!! Tepat jam 11pm, QM2 meninggalkan Sydney Harbour yang ditandai dengan the famoust whistlenya selama tiga kali sebelum akhirnya berlayar menuju destination berikutnya Hongkong city.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar