Minggu, Maret 18, 2007

Harbour Bridge 75th Anniversary

Hari ini ada perayaan akbar di Sydney dalam rangka ulang tahun salah satu Sydney icon so-called Harbour Bridge. Yup, tgl.19 maret 2007 ini, harbour bridge genap berusia 75 tahun (1932-2007). Seperti halnya perayaan tahun2 sebelumnya, kali ini kembali digelar event akbar yang disebut Harbour Bridge Walk. Jadi, khusus pada hari ini Harbour Bridge akan ditutup untuk arus transportasi mobil dan bus dan hanya akan dibuka bagi pedestrians ato pejalan kaki saja. Untuk harbour Bridge Walk ini, peserta akan jalan kaki sejauh lk. 4Km dimulai dari North Sydney-Harbour Bridge-dan finish di Darling Harbour.

Untuk mengikuti event ini, setiap orang diwajibkan untuk registrasi secara online melalui internet ke panitia "harbour Bridge Walk". Bagi para pendaftar (driver) diperbolehkan untuk mendaftarkan follower sebanyak-banyaknya (keluarga, sodara, teman, pacar, kakek-nenek, ampe tetangga kiri-kanan yg gak dikenal juga boleh), yang jelas target panita secara keseluruhan adalah 200.000 peserta, setelah quota itu terpenuhi mereka akan menutup pendaftaran online tsb. Bagi yang sudah mendaftar, nanti mereka akan dikonfirmasi melalui email mengenai schedule kapan mulai start jalan dari North Sydney, ini dilakukan agar tidak terjadi kerumunan massa secara besar-besaran dan lebih penting lagi tuk mencegah ambruknya Harbour Bridge karena dilalui 200.000 peserta pada saat bersamaan. Jadwal start harbour bridge walk ini bergelombang dimulai dari jam 12am-9pm. Aya kali ini dapet jadwal jam 5pm dan ikut dalam rombongannya Fara (Sydney Uni student) yang berjumlah 10 orang.
Untuk mencapai North Sydney (start awal) kami naik train dari Stasiun Circular Quay ke Wynyard, lalu dari sana berganti train yang menuju North Sydney dengan terlebih dahulu singgah di Milson Point. Karena train adalah satu2nya transport yang dapat digunakan menuju titik start pada saat itu, maka sudah dapat dipastikan train menjadi sangat sesak oleh para peserta bertopi hijau yang turut andil dalam event itu. Beberapa kali aku tergencet ditengah kerumunan (nasib...nasib jadi orang pendek) penumpang dalam train, untungnya selalu ditolong oleh bapak-bapak atau orang yang berdiri disampingku dengan merentangkan tangannya dibelakangku. Ternyata masih ada juga orang ozzy yang baik ya^-^

Setelah hampir setengah jam berdesak-desakan ditrain kami akhirnya tiba 30 menit sebelum start dimulai. Tepat jam 5pm, kami mulai jalan dari gerbang masuk harbour bridge, aku sudah senyam-senyum duluan karena teman2 yang terdiri dari Fara, Lisa, Iin, Yana, Bramy, Vera, Faith, Yase, Mimi, Atzu, dan mas x (maap namanya gak tau^_^) udah mulai pasang aksi foto kanan-kiri. Pokoknya, bentar-bentar poto, baru 10 meter jalan poto lagi, hehehe....emang gini deh kalo pesertanya agak2 GIFO dan narsis.

Oia, setiap peserta yang mengikuti acara ini dibagikan free green hat saat mulai start awal. Fungsinya, pertama supaya terlindungi dari sengatan matahari, kedua supaya saat dilakukan penginderaan dari satelit luar angkasa akan kelihatan titik-titik warna ijo dari kerumunan peserta yang mengenakan green hat tadi. Namun....sayangnya saat peserta dengan waktu start jam 5pm mulai jalan, panitia kehabisan green hat, akhirnya yang ada peserta hanya dibagiin free harbour bridge tattoo. Hiks....jahat, kok pas tiba giliranku start malah keabisan ya, gak adiiiiiil....aku mau greeen hat!!!!!!

Walau sedikit agak kecewa karena gak kebagian hat, kami tetap melanjutkan perjalanan melintasi bridge. Beberapa kali kami singgah ditengah jalan tuk mengambil gambar secara berombongan ataupun mengambil gambar bagian dalam bridge. Walau sudah seringkali melintasi bridge ini kalau berangkat kuliah kekampus UTS Kuringgai di Liendfield sono, namun kujarang memperhatikan interior design bridge yang diresmikan 19 Maret 1932 oleh Jack Lang, Premier NSW pada saat itu. Cantik, kokoh dan impressive.

Untuk menambah semarak acara ini, panitia menyediakan hiburan musik yang diperdengarkan melalui big speakers yang dipasang sepanjang bridge. Juga ada hiburan aeroplane yang jungkir balik disekitar bridge dan pesawat Qantas yang terbang rendah diatas Bridge. Peserta yang mengikuti event ini banyak yang mengenakan aksesoris unik yang identik dengan bridge yang biasa dikenal sebagai "the hanger coat". Misalnya saja topi plastik model bridge yang dapat dibeli seharga $10, atau kalo mo lebih beda dapat dibuat sendiri dari hanger baju seperti tampak dalam gambar dibawah ini. Beberapa kali juga kami bertemu dengan reporter beberapa stasiun TV yang melaporkan jalannya acara ini secara live. Setiap lihat ada kamera on kami pura2 lewat dibelakngnya, biar kecipratan masuk tipi juga gitu, hehehe.....^_^ .Tampak reporter dari cahnnel 7, channel 9, SBS dan ABC berseliweran mewawancarai peserta yang mereka temui ditengah jalan.
Setelah berjalan kurang lebih 1 jam, akhirnya kami yang telah terpencar-pencar tiba di penghujung Harbour Bridge yang berujung dua, satu menuju Darling Harbour dan satunya lagi ke The Rock. Kalo mengikuti rute sebenarnya, harusnya kami finish di Darling Harbour, tapi berhubung kaki sudah lelah dan hati yang kecewa (gak kebagian free stuffs, hiks...), kami b5 (Aya, Iin, Lisa, Atzu dan Mimi) memutuskan naik bus 423 dari depan Circular Quay menuju flat kami di Broadway. Kebetulan jam 7pm nanti kami juga ada acara diUTS Housing. Acaranya adalah nyobain original aussie burger yang dibuat dan disediakan oleh pihak Housing UTS, so kami buru2 pulang takut tidak kebagian (lagi) jatah burger yummy....

Saat sedang menunggu bus itu, aku bertemu dengan anak Ausaid dari Vietnam yg juga kuliah di UTS, Luan Binh. Sambil ngobrol nunggu bus, kucerita pada Luan kalo ku dan teman2ku gak kebagian topi ijo yang dibagi2in free karena banyak peserta illegal yang tidak mendaftar secara online juga ikut ngantri minta topi ijo, so that's the reason why peserta legal seperti kami ini tidak kebagian. Dia ternyata cuman beda setengah jam dengan rombonganku. Tadi Luan mulai start jam 4.30pm dan masih sempat dapat pembagian topi ijo itu. Melihat kesedihan diwajahku, tanpa disangka2 , tiba-tiba si Luan mencopot topi ijo yang dikenakannya lalu nyodorin topi tersebut ke aku. Kupikir pertama dia main2 mo bikin aku mupeng gitu, eh...ternyata dia serius.....dia ngasih topi ijonya ke Aya!!!Horeeeee.... Aya senang!!!!! Luan baik hati, hehehe...kalo gitu Aya gak jadi kecewanya.Yuk....kalo gitu jalan kaki lagi yuk, hahahaha....dasar Aya!!

P.s : ternyata untuk peserta yang start setelah jam 6pm keatas, mereka dibagikan orange hat yang ada lampu2nya, hiks....kalo tau gitu kan bisa ikut kontingen malam aja. Foto2 Harbour Bridge Walk edisi malam dapat dilihat di blog mas Irfan.

1 komentar:

  1. Kayaknya seru ya...Ya... Sayangnya aku ga ke sana... Kalo ketemu banyak orang kok bawaannya pusing aja... dasar orang kampung (mengutuk diri sendiri... heheheheh)

    BalasHapus