Minggu, Maret 04, 2007

Sydney Mardi Gras 2007 Parade

Mardi Gras (MG: derived from French words means Fat Tuesday-the end of carnival) adalah world-famous festival yg merayakan "queerness" atau homesexuality dalam segala bentuk, baik itu gay ataupun lesbian. Bertempat di jantung kota Sydney, perayaan ini diselenggarakan secara marathon selama satu bulan penuh (2 Feb - 3 March) yg diisi dengan pameran, music, games, seni dan literature yang mengekpresikan posisi gay dan lesbian dalam lingkungan modern society. Cikal bakal event ini sudah dimulai sejak tahun 1978 dalam bentuk long-march protest terhadap diskiriminasi yg dialami oleh para homosex diberbagai bidang, baik social, structural maupun cultural. Event ini kemudian bertambah besar dan mulai diterima luas oleh Sydney socity sejak The first lady of Sydney Lord Major ,Clover Moore memasukkan event ini sebagai agenda tahunan dalam rangka membangkitkan pariwisata kota Sydney diawal tahun 2000. Hingga saat ini, MG seolah merupakan bagian tak terpisahkan dari nama besar Sydey, seakan-akan MG hanya diselenggarakan diSydney saja, padahal beberapa negara semisal Thailand, Philipin, Brazil, Amerika Serikat dan Argentina juga menyelenggarakan event sejenis yg tak kalah meriahnya.

Dari keseluruhan acara MG ini, event yg selalu dinanti2 oleh para Sydneysiders dan Ozier (bahkan tourist mancanegara), adalah parade akbar yg rutin diselenggarakan sebagai penanda berakhirnya
festival MG. Untuk parade MG yg ke 29 ini, lokasi parade dimulai dari Hyde Park menuju ke Liverpool street lalu berakhir di ujung Oxford St. Peserta parade umumnya adalah kumpulan komunitas Gay dan Lesbian (pastinya...), namun Aya perhatikan ternyata banyak juga organisasi maupun istitusi non-gay dan lesbian yang turut meramaikan event ini, contohnya Green Community, Brigade polisi NSW, lifesaver guard, Brigade Pemadam kebakaran, dll. Yang jelas semua peserta berbaur, tumpah ruah ke jalan menikmati meriahnya hingar-bingar musik disco nan menghentak yg dimainkan sepanjang acara ini berlangsung.

Parade yg dimulai sekitar pkl.8.oopm menampilkan the traditional Dykes on Bikes dan 120-an kendaran hias dan kostum warna-warni dengan tema utama adalah “Objects of Love”, namun beberapa tema seperti Horror, Environment, Politic dan Save David Hicks juga meramaikan parade tsb.

Penampilan awal dimulai dengan kemunculan motor2 besar berbagai jenis yg memekakkan telinga. Pengendaranya rata-rata berpasangan dan sejenis (haduh mas-mas gaynya cakep2 dan berotot euy, mbak-mbak lesbinya juga pada cantik2..) yg menunjukkan kalau mereka adalah homo partner. Pakaiannyapun unik dan aneh2, mulai dari jaket gothic kulit yg ketat, kostum catwoman dan superhero flash, brides, butterflies, priests, police, sexy nurses, body painted bahkan tidak heran saking kreatifnya mereka ada yg topless..ples..ples bahkan totally naked!!!!
Iring-iringan berikutnya adalah rombongan Lord Major of Sydney (Walikota), Clover Moore yg duduk diatas sedan terbuka sambil melambai-lambaikan tangan ke arah pengunjung yg padat memenuhi bibir jalan sepanjang jalur parade.Semakin malam iring-iringan mulai bertambah heboh dan "panas", jadi tidak heran kalo melihat frekuensi penampakan minimalis dress menjadi lebih sering dibarengi keberanian peserta yg mempertontonkan "aksi-aksi hot" mereka didepan ratusan ribu penonton.
Yg paling menarik perhatian dan merupakan iringan-iringan terbesar adalah group dari klan “ Kyle Impossible Princessess”. Group ini terdiri dari 250 peserta yg unjuk kebolehan dengan dancing menirukan tiga gaya panggung Kyle Minogue diiringi lagu-lagu hitsnya yg sedang populer. Kemudian ada aksi panggung Pricillia the Queen of Dessert diikuti oleh anggota groupnya yg cuantik2 dan eksotik, yg kalo dilihat sepintas mirip wanita tulen dengan postur tubuh yg aduhai nan sexy (padahl mereka itu dulunya mantan cowok lho!!!). Selain itu beberapa kostum peserta juga terinspirasi dari judul2 film seperti pose pemilihan putri kecantikan dengan banner Miss Little Sunshine, policeman dalam uniform of Pursuit of happiness dan Marie Antoinette yg bersembunyi didalam giant cakes yg sedap dipandang mata. Slurp…..menggugah selera.
Setelah berlangsung lk 2jam, parade ini berakhir sekitar pukul 10.00pm meny
isakan berbagai kesan dalam benak hampir 350.000 penonton. Botol-botol minuman keras yang berserakan dan bau alcohol juga mewarnai ditutupnya festival bagi komunitas gay dan lesbian diSydney, maklum disini sepertinya tidak ada larangan membawa & mengkonsumsi minuman beralkohol jika ada event2 besar seperti ini. Tidak heran Ambulance serta medic staffs telah siap sedia diberbagai spot tuk mengangkut serta menangani pengunjung yg intoksikasi karena excess alkohol. Meskipun ada feeling guilty ikut menyaksikan parade dan sedikit fed-up melihat polah Gay-Lesbian yang 100% vulgar dan seolah menghalalkan hubungan sesama jenis tanpa mempertimbangkn norma susila yg telah ada, tapi setidaknya rasa penasaranku akan apa dan bagimana itu MG tlah terobati. Dan walaupun itu bertentangan dengan hati nurani, tapi to be honest it was entertaining & fabulous parade that I ever seen though!!!
(Pics source : smh.com.au)

4 komentar:

  1. Ga penasaran lagi kan Ya...?? Ga sampe digebet ama cewek-cewek Mardi Gras Ya?

    BalasHapus
  2. Hahaha, kondisi aman terkendali kok selama berlangsungnya parade. Ku cuman sempat disamperin dan diberi card yg bertuliskan "I think you're special" oleh salah satu peserta gay, hiiiii.....!!!

    BalasHapus
  3. Aya, ngana kemarin berdiri dimanakah waktu parade? Kenapa kita nyanda lia ngana? padahal kita dan fara jadi volunteer satu hari itu disana.....

    BalasHapus
  4. Aya berdirinya tepat diperempatan depan Oxford Square, persis dibawah traffic light. Mungkin gak keliatan, abis kuberada di baris kedua dari depan, hiks...nasib2 siapa suruh dateng telat jam 6.30pm(ketiduran dirumah, bow^_^)

    BalasHapus