Kamis, Juni 14, 2007

Got A Hectic Days

Meja studyku saat musim assignments tiba, satu kata CLUTTERED

Gak terasa udah hampir dua minggu hiatus dari dunia perbloggeran. Haduh....teman-teman udah sering nyamperin say hi, nanyain kabar, ngasih semangat, kapan apdet etcetera-etcetera........... [makasih ya teman-teman atas perhatian dan dukungannya] but apa daya emang waktunya lagi hectic dan menuntut konsentrasi yang tinggi.

Aku sih kadang2 suka ngelongok keblog sendiri, tapi cuman ngelongok doang ya. Biasanya cuma bisa tersenyum miris setiap kali ngeliat ada comment dishoutbox ataupun dicomment tiap2 postingan. Tangan rasanya udah gatel banget mo ngeposting sesuatu, pengen ngebales sapaan teman-teman, tapi apa daya, due date time selalu membayangi, hiks. Boro-boro ngeposting, ngelongok blog teman-teman yg lain aja aku gak berani, soalnya takut kalo sekali buka blogwalking jadinya suka keterusan, suka lupa kalo diri kalau masih ngutang empat lagi assignments yang harus sudah selesai sebelum tgl. 22 Juni, hehehehe....

Sejak awal bulan Mei, tiap minggu paling sedikit ada satu assignmnet yg harus diselesaikan, kalo lagi apes bisa ada 2-3assignmnets yang harus disubmit, wah...kalo kejadiannya kayak gini, udah pasti bakal kerja rodi ampe kurang tidur. Gak tau nih, kayaknya lecturerku pada janjian gitu nempatin jadwal submit assignmnets berbarengan dibulan May - Juni.
Untuk semester ini, total assignmnets yang aku punya ada 13 assingments dari 4 mata kuliah yg aku ambil diautumn semester. Jenis-jenis assignmnetsnya beda-beda, tingak kerumitannya pun juga bervariasi dari tingkat mudah- sedang- ampe yg berat bin nyetressin.

Yang paling mudah buatku tuh kalo disuruh posting online, jadi dosennya akan ngasih case study atau clinical scenario trus semua students diharapkan berdiskusi online dimesagge board menanggapi case yg disajikan. Lengthnya 500-600 words (2 lembar, 1.5 spasi). Karena case yg dikasih itu selalu kontrovesi kayak Euthnasia atau boleh tidaknya pasangan lesbian mendapatkan akses terapi IVF (In Vitro Fertilization atawa bayi tabung), so jika argument kita kurang kuat dan gak didukung oleh alasan yg rasional, hmm....naga-naganya pasti bakal diserang habis-habisan sama students yg lain. So, kalo yg ini harus kuat-kuatan adu argumen nih [pfiuuuh...].
Assignmnets yg masuk kategori sedang, adalah mata kuliah yg mensyaratkan penulisan essay 3000-3500 words, pffffiuuuh....kalo tugas yang seperti ini harusnya punya banyak sources dan harus banyak baca [waaah...padahal penyakit malas bacaku lagi kumat nih...], untuk jenis essay postgrad students, referensinya MINIMAL berasal dari 15 sumber artikel yang berbeda, gak boleh sembarang copy paste [emang kayak diIndo? hehehehe], trus harus mengikuti panduan citation dari APA (American Psychology Association). Tingkat kemiripan essay kita dengan artikel yg kita kutip juga tidak boleh lebih dari 10%, untuk mengecek plagiarism ini biasanya dosen pake software yg namanya Turnitin. Kalo kedapatan ternyata essay kita tingkat kemiripannya lebih dari 10% itu sudahh dianggap plagiarism berat. dan itu berarti otomatis nilainya langsung FAILED, lebih gawat lagi bisa-bisa dikeluarkan dari Uni!!!!! hiks....kok susah amat sih jadi postgrad student?!!!

Finally, assignmnets yg paling membuatku ketar-ketir, stress berat, makan jadi gak beres [maksudnya makannya jadi lebih banyak dari biasanya, hehehehe..] adalah assignmnets dari mata kuliah wajib Health Breakdown. Assignmnets dari mata kuliah ini terbagi dua, ada workbook ama concept mapping. Untuk workbook, aku cuman diwajibkan menjawab pertanyaan2 dari 8 modul. Tiap modul berisi sekitar 25 pertanyaan yg harus dijawab panjang lebar [bleh...]. Trus ada concept mapping [see picture above] dimana student diharuskan membuat alur-alur pathophysiology penyakit tertentu mulai dari tingkat sel ampe organ, lalu meluas keorgan yg juga terkait, ditambah treatmen dan terakhir komplikasi yg mungkin terjadi jika mekanisme kompensasi tubuh tidak lagi bisa diharapkan memulihkan ke kondisi. Concept mapping yg aku buat diatas itu adalah first draft setelah selama satu minggu berjuang ditengah tumpukan buku2 tebal pathophysiology dan anatomy. Saat kukonsul keassessor mata kuliah tersebut, tau gak apa komennya? "Nice try Nurhaya, need more details on it and should include 3 or 4 more systems, otherwise i only could give you pass grade", whuaaaaaaa...sungguh teganya-teganya-teganyaa dirimu Chris [nama lectureku], pengen nangis deh rasanya!!!
Yawis itu dulu laporannya, mungkin tuk sementara belum ada postingan berarti. Insya allah be right back after 20 June 2007. Have a wonderful weekend everyone^_^

8 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Webek Sist..^_^

    oh iya..kadang2 aku bersyukur lho Ya..untungnya masih home alone, kalo dah berkluarga kasian juga mereka bakalan sering ditinggal ....^_^

    btw ttg euthanasia, kayanya Aya pernah nulis ttg itu di Call Kitchen Forum...so, it should be ok for u....

    ttg plagiarism...emang hrs dihindari...undergrad + postgrad sama aja. cuman postgrad referensinya emang harus lbh banyak, kalo gak..apa dunk bedanya..hehehe..Tapi undergrad banyak juga yang kemampuannya melebihi postgrad...maklumlah kendala bahasa bisa dibilang udah ga ada lagi..

    Oh iya, aku pernah curhat ma SPVS ttg projectku. He said: that's part of learning tari...you'll be good. Dan....emang sih.. fist step is a hard part..selanjutnya... HARDER..hehehe..

    oh iya....diskusi ma teman2 jgn dilupa. itu membantu banget lho...buat nambah2 ide. coz, everyone has different perspectives on something..
    So, you'll be fine girl....
    All the best yah....^_^

    BalasHapus
  4. haha, what a long break mbak.. anyway, good to see u come back.. btw kok bisa padet getu mbak, jurusan apa sih kalo boleh tau?brp credit ngambilnya?

    BalasHapus
  5. @tari: Iya tar emang sudah resikonya ya jadi postgrad students. Hihihi, masih ingat tho, kalo aya pernah posting ttg euthanasia saat masih diIALF bali dulu^_^

    @Yuki: Makasi ya Yuki. Iya niy, 2 minggu serasa sebulan deh gak posting apa2 sama sekali. Aku ngambil Master of Nursing di University of Technology Sydney. Total kredit keseluruhan tuh ada 72 dan harus diselesaikan dalam waktu 3 semester (pffiuh...)

    BalasHapus
  6. Ternyata perjuangan kamu lebih berat... untungnya untuk minggu ini aku cuma ada 2, munggu depan ada 1 setelah itu beres... tinggal nunggu nilai... hahahahah

    Anak baru Usyd kayaknya sudah pada datang... cuma berhubung aku bukan anak ADS... jadi ya berasa outsider... hehehehe

    BalasHapus
  7. 8 modul x 25 = 200 pertanyaan. harus dijawab panjang lebar. plus tugas2 lain yg gak kalah berat.
    wadaw.. sebanyak itu tugasnya. coba aku yg dapet tugas seperti kayaknya gak bakal kuat deh.. :)

    tetap semangat ya!! cuman bisa bantu dengan doa hehe..

    BalasHapus