Jumat, Oktober 31, 2008

The Perfect Match Maker

(Picture is taken from here)

Mungkin karena sudah capek melihat saya asyik dengan status "jomblo", teman-teman kantor sibuk mencarikan jodoh buat saya. Dah terlalu sering saya dengar mereka merekomendasikan teman-temannya yang bernama pria, cowok atau man ke saya. Biasanya untuk menolak secara halus, jawaban saya cuman tersenyum sambil said "kenalin ke teman yg lain aja deh". Bukannya kenapa-kenapa, buat saya urusan hati maupun jodoh gak bisa dipaksakan. Saya emang gak pingin pacaran sebelum nikah, tapi bukan berarti saya juga mau aja tiba-tiba disuruh nikah sama orang yang saya gak kenal sama sekali sebelumnya. Seperti yang baru-baru saja terjadi sekitar beberapa minggu lalu.

Saat itu teman akrab saya dikantor, sebut saja inisialnya D. D ingin saya bertemu dengan teman lama suaminya dengan inisial R. Saya memang belum pernah bertemu dengan R sebelumnya. Oleh suami D, nomor Hp saya diberikan ke si R tadi. Beberapa hari kemudian saya ditelepon oleh R, yaaa....istilahnya sih perkenalan pendahuluan. Ngobrol ngalur ngidul sampai kemana-mana. Ok lah saya masih terima, coz kalo gak ntar dikira gak sopan lagi. Nah, dari hasil ngobrol ini, saya tau kalo ternyata R ini juga turut mendaftar penerimaan CPNS 2008. Kebetulan saya juga memang ikut daftar tahun ini. Itu berarti kami akan ketemu pada saat ujian CPNS minggu depannya.

Beberapa hari sebelum test, R jadi rajin mengirim SMS. Saya karena emang dari sononya agak sedikit cuek kalo urusan SMS-an, jadinya hanya menjawab sekenanya saja. Oia, disitu R mengutarakan niatnya untuk bertemu sesaat setelah ujian CPNS selesai.

Saat hari test tiba, saya beritahukan pada teman saya D (kebetulan D ikut test CPNS juga) ttg niatan R bertemu saya selepas test. D pun berjanji akan menemani saya saat bertemu dengan R. Selepas test, akhirnya saya bertemu dengan R. Jujur, secara fisik gak ada yang kurang dari R. Orangnya putih, tegap, sopan dan wlaupun gak tinggi-tinggi amat, Rata-rata lah, sudah punya kerjaan tetap, pendidikannya juga sudah selesai S2 dan sebentar lagi akan langsung melanjutkan pendidikan S3nya. Kami bertiga sempat ngobrol lama sambil makan-makan dikantin fakultas. Namun, jujur saya katakan gak ada "chemistry" sama sekali yang bisa saya tangkap dari pertemuan pertama itu. Dan dari pertemuan pertama ini, ada beberapa hal yang fundamental yang membuat saya jujur "ill feel" dengan R ini. Ini membuat saya menjadi tidak nyaman dan ingin kabur dari pertemuan itu sesegera mungkin.

Saya tahu gak boleh menjudge orang hanya dari pertemuan pertama saja, tapi saya rasa feeling & intuisi pribadi juga gak boleh diabaikan. Saya orang yang percaya dengan intuisi. Dan sepanjang pengetahuan saya, intuisi saya jarang salah dalam memutuskan sesuatu. Inilah yang saya rasakan, saya nggak nyaman dengan perjodohan semacam ini. Saya ingin semuanya mengalir apa adanya, gak perlu diatur-atur. Hanya ingin membuat saya berontak. Jujur, dari beberapa orang yang pernah dekat dengan saya, rata-rata mereka berangkat dari status teman biasa, gak ada yang tiba-tiba love at the first sight. Jadi mereka-mereka ini udah ketahuan sifat aslinya kayak gimana, gak ada yg dibuat-buat, wong kalo sama teman kita cenderung apa adanya bukan?! Ya udahlah, buat teman-temanku, saya ngerti niat kalian baik dan tulus ingin mencarikan saya jodoh. saya sangat berterima untuk semuanya itu. Tapi sepertinya saya masih merasa nyaman sendiri saat ini, so gak perlu repot-repot dicariin lagi ya. Udah ada kok Yang Diatas, yang jauh berlipat-lipat kali expert sebagai "The Perfect Match Maker".

4 komentar:

  1. numpang koment klo boleh, menurutku yg namanya jodoh mang sudah ada yg ngatur tapi jodoh tidak datang dengan cuma-cuma. butuh usaha dan niat(dari teman2mu contohnya) agar jodoh itu bisa datang mendekat. Hargai setiap orang yg mau mengenalmu...

    BalasHapus
  2. Haha.. cuek atau "trauma"?
    Btw, santai aja. Ntar juga dateng sendiri.

    BalasHapus
  3. we are in the same shoes Ya... xixixix

    BalasHapus
  4. Wah jarang-jarang tuh Ns ada orang yang mw nyariin temen hidup, artinya temen-temennya peduli ma Ns dan mw liat Ns bahagia dengan married kali y...
    Tp enjoy aja lh, jodoh nd akan lari kemana.
    Sepakat tuh Ns, yang diATAS lebih tw ^_^

    BalasHapus