Senin, Januari 26, 2009

Komunitas Dosen Muda Unhas

Tanggal 24 - 25 Januari 2009 lalu, bertempat di daerah pegunungan nan sejuk; Malino, baru saja dibentuk sebuah komunitas baru yang beranggotakan dosen-dosen muda dari berbagai fakultas dan jurusan yang ada diUniversitas Hasanuddin.

Komunitas ini dibentuk dengan tujuan utama sebagai ajang silaturahmi antar dosen muda sekaligus sarana transfer ilmu juga informasi diseputar dunia akademik, current issues yang berkaitan dengan dunia kampus maupun elemen yang terkait didalamnya.

Komunitas ini juga sudah memiliki mailing list sendiri yang dapat diakses diyahoogroups
Berikut Anggota KomunitasDosen Muda Unhas yang memprakarsai berdirinya komunitas tersebut:
Berdiri dari Kiri-Kanan:
Syahrul Said (Keperawatan), Syaiful (FT-Mesin), Syafar (Keperawatan), Andi Dirpan (Pertanian), Syarif M. Parenreng (FT), Dr. Armin Arsyad (Pemateri/ Ka. Prodi Ilmu Politik UH), Joko Hendarto (kedokteran), Abdullah Sanusi (FE).

Duduk dari Kiri-Kanan:
Anshar Saud (Farmasi), Adnan Nasution (FISIP), Inchi Kurniati Kusri (Keperawatan), Silvia Malasari (Keperawatan), Seniwati (HI - Sospol), Sumarheni (Farmasi), Citra Rosyidah (Kedokteran), Sartika Laban (Pertanian), Suni Hariati (Keperawatan), Nurhaya Nurdin (Keperawatan), Haryanti Rivai (FT-Elektro), Muh. Junaid (pertanian), Abdul Rahman Alfarisi (Ekonomi), Eko Juardin (FMIPA-Fisika).

Ditambah lagi beberapa orang dosen muda yang tidak tampak dalam foto, yaitu:
Marhamah Nadir (Peternakan), Syahid Arsjad (FT-Mesin), Arnis Puspita (Keperawatan) & Ardiansyah Maraja (FKG).

Kepada Komunitas Dosen Muda Unhas:
Selamat Atas terbentuknya komunitas ini, mudah-mudahan dengan hadirnya komunitas baru ini bisa membangun dan mempererat ikatan silaturahmi personal maupun professional civita akademik Unhas untuk kedepannya dan menjadi salah satu triggering factor mempercepat cita-cita Universitas ini menjadi The World Class University", Amien YRA.

6 komentar:

  1. wow keren...
    masih sempat membuat komunitas dosen mudanya...

    gimana kalo nanti udah berumur 50an? masih sebagai anggotanya?
    xixixix

    BalasHapus
  2. Lho, kan definisi muda tidak hanya diukur dari umur kan mas bakhry. Walaupun sudah bermutu, tapi kalo jiwanya bermuda **nah lho...istilah apa pula itu;p**

    BalasHapus
  3. Selamat atas pembentukannya.
    Hebat!

    Salut deh sama Aya dan dosen muda lainnya!


    Ya sudah,..
    Jangan nakal yaa...
    Sering-sering kirim telegram kalau sudah sampai. (apa sih?)

    BalasHapus
  4. Sepertinya...kelompok ini, hadir untuk melengkapi cerita di zamannya saja.
    Banyak dosen muda lain yang tidak diperhatikan.
    Saya merasa tidak profesional, terbentuk krn pertemanan (sejak mahasiswa) saja.
    ...
    Maaf,
    Muda itu tidak dilihat dari semangatnya.
    Muda itu dilihat dari kerjanya
    Ingatlah bahwa...
    Muda itu dilihat dari fisiknya dan dibatasi oleh umurnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mr. Anonim Yg Tterhormat:
      Membaca pernyataan Anda diatas, saya spontan tertawa sendiri,apa benar Anda ini dosen Unhas? Kemana saja Anda selama ini sampai2 tidak pernah mendengar Komunitas Dosen Muda (KDM) Unhas dan apa saja kegiatan yg sudah dilakukan. Padahal ratusan surat, undangan, penyampaian dari mulut ke mulut sudah dilakukan demi merangkul berbagai lapisan diUnhas. Mulai dari rektor, dekan, dosen senior, dosen status cpns bahkan mahasiswa pun kami ikutsertakan. Kami tidak pernah membatasi Komunitas ini untuk golongan tertentu saja, tua muda, senior, junior siapapun yg ingin berinteraksi kami selalu terbuka.

      Awal Komunitas ini terbentuk berangkat dari keprhitanan atas fenomena tawuran antar fakulas diUnhas. Mahasiswa dan pegajarnya antar fakultas asing satu dengan lainnya, padahal mereka semua berada dalam satu almamater. Sebagai pengajar yg belum sama sekali dipertimbangkan dalam pengambilan kebijakan, kami merasa harus melakukan sesuatu, tidak perlu langkah radikal cukup melalui pendekatan kekeluargaan. Ketimbang beretorika hal abstrak untuk menyelesaikan permasalahan. Kenapa tidak mengakrbakan saja dosen2 mudanya yg kelak akan jadi pemimpin Unhas dimasa datang. Kalau mereka ini dari awal sudah akrab secara personal maupun akademik, kelak perselisihan dan kesalahpahaman antar fakultas dimasa datang tidak perlu lagi terjadi karena para pemimpinnya adalah saudara satu sama lain. Coba saya tanya Anda, berapa banyak dosen senior maupun junior dari fakultas lain yang anda kenal betul2 secara personal maupun professional? Well, saya yakin Anda bahkan tidak pernah tahu dan kenal saya dan teman2 saya yg berfoto diatas adalah dosen, arent you?:)

      Kami tidak pernah mengklaim bahwa KDM ini adalah sebuah organisasi professional. Kami sama seperti Anda, pun menjalin silahturahmi personal maupun akademik melalui pertemanan biasa. Hal2 rumit dan kompleks bisa kami bicarakan dengan duduk2 dikantin ekonomi sambil makan ubi goreng dan kopi atau bakar2 ikan dipinggir kolam renang Unhas. Fun, relaks tapi meaningful.

      Seandainya tidak ada KDM ini belum tentu saya bisa kenal baik dgn banyak kakanda saya dosen diEkonomi, Fisip, Teknik, Kedokteran Gigi, Sastra, Kedokteran, Pertanian, Kehutanan, kelautan, MIPA, dsb. Bahkan diberi kesempatan melakukan pengabdian dan penelitian bersama dgn dosen2 tersebut yg sekarang menjadi saudara dan teman2 terbaik saya.

      Intinya kami sdg mempersiapkan masa depan Unhas dimasa datang. Masa dimana saat kami akan memegang amanah tampuk kepemimpinan Unhas. Pada saat itu kami tidak perlu bertanya2 lagi siapa yg harus kami pilih untuk diajak bekerjasama memajukan Unhas. Toh, kami sudah kenal mereka secara personal sejak awal, dan kami pun sudah tau kinerja masing2 sperti apa. jadi tidak perlu lagi harus bermuka dua hanya untuk mencari simpati dan dukungan seperti yg jamak terjadi sebelumnya.

      Anyway, saran saya tolong wawasan Anda ttg sebuah definisi dibuka lebih lebar jika anda memang seorang pengajar. Definisi muda bukan sebuah harga mati, itu hanya sebuah konsesus yg dibuat oleh penulis2 hebat dijamannya. Dan hindari membuat kesimpulan bahwa Anda tau luar dalam sebuah buku, jika anda hanya sempat membaca bagian judul dan penutupnya dengan melewatkan keseluruhan isinya.

      Saat ini kami tersebar dimana-mana karena harus melanjutkan studi untuk masa depan Unhas, tapi hati kami para dosen muda ini selalu terikat satu sama lain secara baik scr personal mapun professional.
      Di era tenologi ini, media komunikasi Kami banyak, dimilis yahoogroups sprt yg saya cantumkan diatas, difacebook dgn Nama Komunitas Dosen Muda Unhas dan juga gorup BBM.

      So, jika Anda memang dosen yg open minded dan juga punya cita-cita mebangun U nhas untuk jadi lebih baik, you are most welcomed to join.
      Jika Anda masih tetap mengalami kesulitan untuk bergabung cukup beri saya alamat email atau FB anda di email saya nurhayanurdin@yahoo.com, insya allah Anda bisa menyambung kembali tali silaturhami antar civitas akademik Unhas.

      Salam,
      Nurhaya Nurdin
      Sheffield - United Kingdom.

      Hapus
  5. Bagi saya, komunitas dosen muda adalah salah satu wadah silaturrahim sesama dosen unhas yang selama ini kurang terwadahi, padahal ada banyak hal yang bisa dibuat dengan interaksi sesama dosen unhas. mengapa memakai kata muda? jujur waktu wadah ini dibuat kami masih muda, dan berharap semua dosen muda sebagai harapan unhas kedepan bisa bersinergi. saat ini mungkin banyak yang menilai kita sudah tidak muda lagi, tapi saya kira setiap orang punya hak untuk merasa muda.emang ada undang undangnya batasan usia muda itu? Setiap dosen unhas dan masih merasa muda yuk silahkan bergabung, pasti banyak manfaatnya lah....

    Hormat Saya
    Syahid Arsjad

    BalasHapus