Sabtu, November 07, 2009

They're Just Different (Man vs Woman)

(Picture taken from here)
Setiap hari dalam kehidupan kita, interaksi timbul dengan berbagai macam tipikal orang. Tidak terkecuali dengan lawan jenis kita, dalam hal ini pria **i'm talking on behalf of all ladies nih critanya;p** Ada beberapa pria yang enak tuk diajak ngobrol ato nyambung lah istilahnya, tapi kebanyakan sulit untuk ditebak tingkah polahnya. Nah, kadang-kadang tanpa sadar, kita sebagai si wanitanya nyeletuk sendiri "Ih, cowok kok susah amat sih ditebak, gak care banget, ngomongnya nyelekit gak liat sikon, didepan banyak orang pula". Hmmm...tunggu ladies, jangan ngamuk2 dulu ya, baca informasi berikut ini ttg mengapa pria & wanita berbeda dalam berbagai aspek khususnya dalam berkomunikasi.

Mungkin Anda pernah mendengar sebuah joke yg mengatakan: Jika Anda bertanya pada pria sekarang ini jam berapa, maka pria tersebut akan langsung melihat arlojinya dan menjawab secara singkat, padat dan jelas jam berapa saat ini. Tapi jika Anda tanyakan perihal yg sama kepada wanita, maka setelah memberitahukan ttg waktunya, dia akan mulai bercerita tentang arloji-arloji cantik, perhiasan wanita, kalung, gelang atau baju yg dia lihat dimall beberapa hari sebelumnya.
Atau Anda mungkin pernah mendengar seorang wanita bertanya-tanya, “Aku gak ngerti kenapa si cowok itu mundur teratur. Apa yg salah sih dg diriku sih? Apa aku ini terlalu nuntut, atau malah kurang nuntut? Halah....Cowok emang membingungkan. ” Sementara itu, di hari yg sama dan tempat yang berbeda si cowok juga bertanya-tanya,”Aku gak paham ama cewek ini, aku mungkin udah berbuat salah, tapi apa ya? Pffiuuh...cewek emang makhluk rumit.”
Nyatanya pria & Wanita udah sunnatullahnya emang berbeda, termasuk dalam hal cara mereka berkomunikasi. Hal ini amat penting untuk dimengerti karena komunikasi bukanlah sekedar menyampaikan pesan (khususnya dg lawan jenis), namun juga terkait bagaimana kita memahami lawan bicara dan pesan-pesan yang dia berikan. Yuk, kita lihat saja apa saja ynag berbeda antara makhluk venus dan mars ini.

1. Bahan obrolan Pria & Wanita Jelas Udah Beda

Girls like people. Sewaktu kecil, wanita sukanya ngobrol tentang siapa yang lagi suka sama sapa, siapa yg lagi marahan sama sapa, dsb. Mereka bermain dalam kelompok-kelompok kecil dan saling berbagi ‘rahasianya’ dgn orang lain. Sbg remaja, mereka lebih senang ngobrolin ttg cowok tercute dikelasnya, berat badan, baju-baju yg lagi in dan teman-teman mereka. Beranjak dewasa, wanita mulai ribut dgn urusan diet, hubungan-hunbungan pribadi (diri sendiri dan sudah pasti dgn orang lain), pernikahan, anak-anak, percintaan dan segala urusan pribadi yang terkait dg orang lain, baik yg dikenal maupun tidak.
Beda Pria dan Wanita dalam Berkomunikasi - cewek suka people
Boys like things. Sementara itu, di waktu kecilnya, pria suka bicara tentang things (barang-barnag, perangkat & mainan) dan juga aktivitas: siapa melakukan apa, siapa yang bagus di perihal tertentu dan bagaimana cara kerja berbagai perlengkapan atauapapun yg mereka anggap sbg mainan. Sbg remaja, pria lebih senang bicara ttg sports, game, barang-barang mekanik dan kegunaan dari things. Beranjak dewasa, cowok mendiskusikan sports, kerjaan mereka, berita, apa-apa yang mereka lakukan, teknologi, komputer dan juga perangkat gadget yg sedang in. Bukannya cowok gak pernah ngobrolin ttg people, ladies. Tentu saja pernah lah. Tapi biasanya itu masih dalam konteks olahraga, kepentingan karir, dan atau teknologi.
Beda Pria dan Wanita dalam Berkomunikasi - cowok suka barang, gadget, elektronik, mobil, olahraga

2. Alasan Mengapa Pria & Wanita Ngobrol Juga Beda Ternyata

Dari Struktur anatomi, otak pria dan wanita ternyata memang diciptakan oleh Sang Khalik secara berbeda. Otak pria tersekat-sekat secara tegas yg benpegaruh pada kemampuan mereka dalam mengelola informasi di kepala. Setelah seharian beraktivitas pria memiliki kemampuan untuk memilah dan menyimpan informasi dengan rapi di kepalanya, sedemikian rupa sehingga emosinya tetap terjaga dan stabil.
Sebaliknya yg terjadi pada wanita, ketika mereka sedang gundah gulana karena semua masalah yg dimilikinya muncul, maka masalah itu akan terus saja berputar-putar di dalam kepalanya. Wanita cenderung melakukan recall atas informasi yg ada di kepala mereka selama berkali-kali. **makanya kalo punya dendam, susah ngilanginnya booooow**. Satu-satunya cara untuk menghentikan itu adalah dengan mengungkapkannya, dengan cerita atau curhat ke orang lain. Mereka harus ngobrol dengan orang lain, hanya untuk sekedar menguraikan masalah dan membuat dirinya merasa lebih lega. Ngobrol atau curhat membantu wanita dalam mengklasifikasikan dan menata kembali informasi di kepalanya.
Wife : You tell a man something, it goes in one ear and comes out of the other.
Husband : You tell a woman something, it goes in both ears and comes out of the mouth ***Huahaha, so true so true***
Banyak pria seringkali tak mengerti akan hal ini. Mereka berpikir bahwa mereka harus memberikan solusi atas apa-apa yg diungkapkan oleh pasangan wanitanya. Ini malah membuat sang pria tadi merasa tertekan dan lupa untuk memberikan empati, karena dia sibuk memikirkan tanggapan dan jawaban untuk masalah wanitanya.
Lebih jauh lagi, berbeda dengan pria, wanita berkomunikasi untuk mengekspresikan diri, memberikan support kpd orang lain, dan secara umum untuk membina kedekatan hubungan. Sementara itu pria berkomunikasi lebih untuk sekedar bertukar informasi, memecahkan masalah, atau bahkan untuk menunjukkan dominasi.

3. Pria & Wanita Ngobrol di Tempat yg Berbeda

Dari penjelasn di no.1 aja udah keliatan, apa yang kira-kira diobrolin dan juga alasan untuk ngobrol, maka pria dan wanita juga memiliki pilihan terkait di mana mereka melakukan obrolan.
Beda Pria dan Wanita dalam Berkomunikasi - tempat ngobrolnya beda
Kebanyakan pria lebih menyukai ngobrol di tempat keramaian. Mereka gak suka ngobrol di tempat-tempat sepi, apalagi klo sampai cuma berdua dan lebih parahnya lagi kemudian ketauan orang kalo lagi berduaan ***Ups, bisa2 langsung dinikahkan oleh hansip kampung nih***. Lha wong apa yang diobrolin pria bukanlah merupakan obrolan rahasia kok! Apa yg mau dirahasiakan, jika yg dibicarakan adalah tentang bagaimana jalannya pertandingan bola antara MU dengan Inter Milan kemarin malam atau berdebat membandingkan fitur yg mana lebih baik antara Netbook Sony Vaio seri W atau Netbook Lenovo Thinkpad s10 yg baru akan dirilis awal bulan ini????? Andaipun pria harus bicara ttg hal-hal yg sensitif, biasanya mereka pun gak akan sungkan untuk membicarakan itu keras-keras di depan umum **gubraks!!**.

Disisi lain, wanita berbicara untuk menjalin kedekatan hubungan dengan cara mengungkapkan perasaan secara bebas. Dan kebanyakan yang mereka bicarakan adalah perihal-perihal sensitif, yg harusnya menjadi rahasia, baik milik sendiri maupun orang lain. Sehingga wanita lebih menyukai tempat yang menyediakan privasi, mis. di rumah atau kamar, kafe, toilet hotel atau tempat lain yg di sana mereka bisa bebas bercerita dengan penuh ekspresi. Lho, bukannya wanita lebih suka jalan-jalan di mall, hanging out rame-rame bersama teman???? Yup, definetly true, They love it very much;)!!!! Tapi perlu diingat bahwa mereka tidak menggunakan tempat-tempat tsb untuk berbagi perasaan secara mendalam, melainkan tuk cuci mata dan cuci dompet;p

4. Ketika Pria & Wanita Bertanya Serta Umpan Balik

Bagi wanita, bertanya dimaksudkan untuk dua hal yaitu menggali informasi (entah gossiping atau yang lain) dan menjalin kedekatan hubungan. Kadang mereka ajukan pertanyaan yang sudah mereka ketahui jawabannya sendiri **Yupz, bener tuh bener!!**

Mas, gimana, aku cantik nggak?!”, “Kangen ama aku, nggak kak?!”
ketimbang mengajukan pertanyaan yang mereka pikir pasangan mereka harusnya udah tau jawaban yg benar apa **weleh-weleh, emang nih ladies, melingker2 bener sih mikirnya;)**
Sementara itu, pria biasanya lebih enggan tuk bertanya. Ada yg merasa bahwa bertanya itu merupakan suatu bentuk kelemahan atau ketidakmampuan. Pria biasanya memang lebih menyukai kesuksesan dalam segala hal dan membenci (bila dirinya mengalami) kegagalan ketimbang wanita. Terlebih ketika di hadapan wanita, laki-laki biasanya lebih memilih mencoba sendiri dulu sampai bisa ketimbang bertanya **Oalaaaah, gengsi ni yeee;)**
Tapi dalam urusan memberikan umpan balik, pria lebih berani blak-blakan. Tidak seperti wanita yg begitu penuh pertimbangan dan menjaga perasaan orang lain. Bahkan lebih ekstrimnya pria dianalogkan seperti ini: "Men answer to the question, not the person". Anyway, terkait dengan feedback tadi, wanita biasanya lebih cenderung melakukan kritik pada diri sendiri. Self-appraisal nya lebih rendah ketimbang pria. Sementara pria lebih mudah untuk merasa puas dg apa yang sudah mereka kerjakan.
Nah ladies, itu dia tadi beberapa poin penting yang harus kalian ingat saat harus dealing dengan makhluk dari Mars. Sooo.....jangan menjadi cepat tersinggung dooong........kalo kalian dikritik atau dikasih saran secara blak-blakan didepan umum, ato cowoknya dianggap tidak care karena saban ketemu yang diobrolin cuman gadget ma bola mlulu. Hehehe, walaupun Aya berbicara particularly mewakili para ladies, tapi buat para pria, mudah-mudahan setelah membaca ini juga bisa mulai ngerti apa yg dirasaain ladiesnya ya;)
**Sabtu siang, 1.48Pm, sedang bengong dikost-kostan**

Source:
http://akhmadguntar.com/wawasan/beda-pria-dan-wanita-dalam-berkomunikasi/

1 komentar:

  1. Baca deh buku "He's just not that into you: the no excuses truth to understanding guys"
    Bagus buat faham kata - kata laki - laki dan maknanya. Not all man do the real meaning of what they said

    BalasHapus