Sabtu, November 13, 2010

Belajar Bahasa Thailand yuuuk!

(Picture is taken from here

Sawat dee Kha. Khun sabai di mai? Khoon phuut phaa saa Thai dai mai?
Hadoh.....bahasa apa itu buuuw? Bahasa burung yah? *tepok jidat*
Hehehe, itu komentar beberapa orang diFB saat saya posting kalimat diatas pada status saya. Ya iyalah...pasti bingung, wong bahasa langka tuh....jarang didengar kuping:p
Alhamdulillah, bulan depan,  tepatnya tanggal 1-3 Desember 2010 saya mendapat kesempatan mengunjungi negara Gajah Putih atau biasa kita kenal sebagai Thailand.
Ini bukan untuk liburan atau honeymoon yaaaa (hehehe...pengennya siy). Saya ke Thailand selama tiga hari tuh dalam rangka mengikuti The 1st International Conference on Qulitative Research in Nursing & Health yang diselenggarakan oleh Boromrajonani College of Nursing Nakhon Lampang, Thailand. Kebetulan saya selama ini topic of interestnya dibidang penelitian lebih ke arah penelitian kulitatif gitu deh. Makanya kayak pucuk dicinta ulam pun tiba deh, begitu tau ada Conference kayak gini diselenggarakan.
Kembali ke topik awal tentang bahasa Thailand. Ada ungkapan menarik yang mengatakan, dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung. Artinya, hati-hati dijalan yaaaaaaaa, hehehehe.....kidding.
Belajar tentang adat istiadat suatu daerah itu penting karena itu adalah bentuk nyata dari penghargaan kita terhadap budaya lokal setempat. Salah satunya adalah berusaha memahami bahasa daerah setempat. Ini penting agar kita bisa survive dan diterima oleh masyarakat disana dengan cepat.
Lha...tapi Orang Thailand juga bisa bahasa inggris kan Ya'?! Iya sih....pastilaaaaaah. Cuman kan gak semua orang bisa, apalagi mereka kan sama kayak kita, bukan negara jajahan Inggris. Makanya kalo dah menyangkut inggris-inggrisan deh, melingker-lingker dah tuh lidah, hehehehe.....
Bahasa Thai memang unik, lihat aja tulisannya berikut ini ขอให้โชคดี ckckckck....kayak cacing pita yang lagi bejejer yak, hehehe......susah emang awalnya, tapi kalo konsisten dan terus berlatih, insya allah pasti nanti bisa juga kayak dipelem-pelem Thailand itu lho.
Anyway, buat mereka yang akan berkunjung dalam waktu singkat kayak saya, tidak ada salahnya kita menguasai beberapa kalimat dalam bahasa Thai, kali-kali aja bisa nambah banyak teman dan yang paling penting biar bisa dapat discount gede kalo belanja souvenir buat oleh-oleh kalo balik ke Makassar, hehehehe.
Beberapa Kalimat standar yang perlu diketahui:
  • How are you? = sa baai dee mai?
  • Fine, Thanks = sa baai dee khrap.
  • Thank You = Khob Khun Khrap/Kha
  • I'm sorry = Phohm siia jai
  • You're welcome/ Never mind = Mai bpen rai
  • My name is Budi (Phom for male) = Phom cheuu Budi
  • My name is Aya (Chan for female). What's your name?  = Chan cheuu Aya. Kun chu a-rai kha?
  • Where is the toilet? = haawng suaam yuu thee nai?
  • How much is this? = Nee thao rai ?
  • Can you (male) lower the price? = Lot naawy dai mai khrap?
  • These things are too expensive = Khaawng phuaak nee phaaeng geern bpai
  • What is this called? = Nee riiak waa a rai?
  • Can you speak English?" = Khoon phuut phaa saa ang grit dai mai?
  • I (male) can speak a little Thai = Phom phuut phaa saa thai dai nit naawy
  • I can't speak Thai = Phuut thai mai dai
  • I (female) don't understand = Chan mai khao jai
  • I am an Indonesian = Phom bpen khon Indonesia
  • See you soon! (Until we meet again.) = Laaeo phohp gan mai
  • Can I have the Bill, please [spoken by a female] = Khit ngern duay kha.
  • Counting: 1 = neng , 2 = song , 3 = sam, 4= si, 5=ha, 6=hok , 7 = ced, 8 = ped, 9 = kao, 10 =sib, 11=sib ed, 12= sib song, 13=sib sam, 20 = yii sib, 21=yii sib ed, 22 = yii sib song, 30 = sam sib, 31=sam sib ed,32=sam sib song, 100=neung roi, 200=song roi,1000=neng phan, 10.000=neng meun,100.000 = neng sean,1.000.000 neng lan.

2 komentar:

  1. kalo biar bisa sama tulisan caacing pita lagi jingkrak2 nya gimna gan??
    kalo bisa sih post yg lebih terperinci biar kalo ambo dapet kesempatan kaya agan udah ready gitu lloochh
    hehehehe

    BalasHapus
  2. wahhh...boleh tuh kosakatanya...btw perlu waktu berapa lama untuk mengerti bahasa thai...salam

    BalasHapus