Rabu, Maret 21, 2007

Help my YM plizzzzzz....

Siapa sih gak kenal program Yahoo Messenger yang biasa singkat YM atau Yames? Media komunikasi online di dunia maya yang digunakan tuk mengirim pesan instant anytime anywhere secara gratis. Tidak hanya itu featurenya dari hari ke hari makin menggila dengan dipermudahkannya penggunanya tuk mengirim file, gambar, music, video bahkan voice secara langsung dalam skala besar. YM versi terbaru malah memudahkan usernya tuk berkomunikasi langsung dengan orang-orang terdekat mereka yang berada dibelahan bumi lain, jadi berbicara langsung layaknya ditelepon sambil nyengir melihat tampang mereka yang baru bangun atau bermain games online pada saat bersamaan. Untuk mendapatkan feature baru ini cukup mengupgrade versi terbaru YM versi 8.1 yang dapat didownload secara cuma2 dari layanan yahoo.

Namun bukan feature-feature itu yang Aya mo tulis disini, soalnya banyak yang lebih jago tuk nerangin hal tersebut (ayo yang tau, angkat suara gih!!). Yang aya mo tulis disini sebenarnya adalah bentuk complaint terhadap YM. Semenjak pertama kali beli notebook diSydney, Aya belum bisa-bisa juga menggunakan program YM tuk berkomunikasi dengan keluarga ataupun teman-teman dari berbagai penjuru. Namun eits....tunggu dulu, jangan lantas menjudge aya gak bisa dan gak tau apa-apa soal instal menginstal software atau gak berani mengutak-atik notebook sendiri. Hohohoho....kedua hal tersebut di atas sudah aya lakukan berkali-kali sebelum minta tolong pada orang lain yg Aya anggap lebih gape soal technology. Soal instal menginstal software atau mengutak-atik PC atau notebook mah, dari dulunya juga aya dah biasa lakukan sendiri sejak berkenalan dengan PC pertamaku saat masih duduk dibangku SMU dulu.
Kembali ke YM, khusus program ini mungkin sudah lebih dari 10x kudownload versi terbarunya, dengan terlebih dahulu meremove versi YM sebelumnya. Lalu aya coba utak-atik settingan preference YMnya, kali aja default sistem YM gak sinkron dengan Sony VAIOku. Masalah firewall? Pffff...sudah juga atuh...., ku sudah pernah mencoba setting firewall dengan exception bahkan mematikan firewallku dengan harap-harap cemas kedatangan tamu viruses yang tak ditunggu2. Tapi toh....tetap tidak berhasil juga, status YM :NOT CONNECTED.

Beberapa teman juga sudah kumintai bantuan sehubungan dengan YM ini. Misalnya Lisa (GN, 807B), yang lagi ngambil Master of IT. Dulunya YMnya juga gak bisa digunakan karena settingan notebooknya yang gak sesuai, namun setelah diutak-atik akhirnya bisa. So kucoba minta bantuannya kali aja tangannya membawa berkah, hasilnya.....tetap tidak bisa......., dia nyerah dan angkat tangan lantas mereferku ke Ancha (GN, 801). Ok, kalo Ancha aku ada sedikit harapan, soalnya dia kan anak Engineering Faculty yang lagi ngambil Master by Research in Robotic, etlis dia taulah seluk beluk gadget sejenis notebook gini beserta program-program komputer & internet. Disela-sela kesibukannya mendesain program perintah tuk robot AIBOnya, dia masih menyempatkan diri tuk singgah diflatku selama lk. 2 jam tuk YM problem solving session, hihihihi.....
Dua jam berlalu, dan dia juga akhirnya nyerah dan gak tau letak masalahnya ada dimana. Tapi sebelum pergi, dia nyaranin supaya aku mencoba YM versi tempo doloe yaitu versi 5.0, karena menurutnya biasanya versi ini berhasil pada notebook atau PC jenis apapun, ntar kalo versi tsb bekerja baru kemudian Aya bisa mengupgrade versi 8.1.
Fine, Aya coba saran tersebut. Mo tau hasilnya?????? Tadaaaaaaaaam.....YM TETAP TIDAK CONNECTED!!!!!!Hiks...

Yawis....karena sudah tidak tau mo minta tolong pada siapa lagi, akhirnya kucuman bisa pasrah. So, sebagai langkah terakhir dan satu-satunya option, saat ini kuhanya bisa menggunakan meebo.com tuk berkomunikasi dengan teman-teman di dunia maya. Lebih baik pake ini daripada tidak ada sama sekali kan?! Tapi seringkali kudisindir oleh teman-teman karena masih menggunakan instant message sesederhana ini. Katanya, "Aya gimana sih, orang lain udah diera millenium gini menjelajah keluar angkasa dengan YM, eh...ini malah masih dijaman Flintstone belajar gimana nyalain api dengan batu "........(hiks, sungguh teganya dirimu, teganya....teganya, teganya.....owww, pada diriku!! Halah.... kok jadi dangdutan sih^_^).

Lalu kadang juga teman yg sudah sering kuajak chatting lupa kalo aku menggunakan meebo, so begitu mereka ngirim file lagu, images, atau emotic icon yang bermakna "tersirat dan tersembunyi" gak bisa kebaca di screenku dan bikin ku gak ngeh, wong meebo emang sederhana banget emotic iconnya. Jadi temans tolong dingertiin dong posisiku, kalo chatting dengan Aya jangan keseringan ngirim emotic icon dong!!! Kan kan gak bisa kebaca oleh meebooooo...., satu lagi don't judge me senseless and ignorant ya karena mengabaikan arti emotic icon itu, plizzzzzz!!!!

Juga buat teman-temanku yang ada dimana-mana, maafkan aku yang akhir-akhir ini jarang memenuhi undangan chatting. Dan kadang walaupun harus chatting ku menggunakan invisible mode coz gak pengen aja mendengar komentar2 menyakitkan ttg YM atau salah menafsirkan pesan yang dikirim. Lagipula emang akhir-akhir ini memang kuagak disibukkan dengan assignments "Health Breakdown" dan "Technology & Ethics" yang akan due beberapa minggu kedepan.
Nah buat teman-teman yg sering mampir disini, ada yang bisa ngasih saran atau bantu tuk nyelesein masalah dengan YM???????

9 komentar:

  1. Turut berduka cita deh atas musibah pada YM-nya.... Pengen banget bantu.... sayang ilmu compi ku lebih jelek dari Aya... hiks!...

    BalasHapus
  2. Denger", banyak juga yg punya masalah sperti itu dgn YIM. Btw, kalo dulu-nya mmg bisa jalan, coba setelah di uninstall, registry nya di bersihkan dulu, habis itu di install lagi.

    BalasHapus
  3. @Bakhriansyah : Hiks...artinya YMku sudah tidak ada harapan lagi doooooong.....hikshikshiks...

    @Retrospectwords : Dari awal emang gak bisa jalan tuh YM dinotebookku. Eh kapan2 kalo ada waktu luang, Aya dibantuin dong Don,kamu kan salah satu pakarnya, plizzzz....^_^

    BalasHapus
  4. pakar? jadi malu nih...
    preference nya sdh di utak"ik? coba pake "no network detection", kalo masih tdk bisa, pake proxy "csa.yahoo.com" atau "cs.yahoo.com"..... kalo masih tdk bisa... bawa ke dukun saja.. hihihi kidding

    BalasHapus
  5. dibantu dunk don...
    dirimu kan pakar chatting..
    1 vs 8 boo... :D

    BalasHapus
  6. Ck ck ck...
    Ibu yg satu ini masih ingat saja..

    Sory aya, blog mu jadi tempat chatting. Peace! hihihi XD

    BalasHapus
  7. @Retrospectext : Sudah kucoba menggunakan ketiga cara2 itu, unfortunately, still it doesnt work, pffff...sabar-sabar..

    @Tari : Setuju!!! Aku mendukung, ayo don dibantu dong bagi mereka yang membutuhkan, hehehe...maksudnya aya dibantu gitu^_^

    @Retrospectime : Hihihi...gak papa ding, biar rame2 juga disini, maklum kita kan gak bisa chatting, hiks(mode terdzalimi : ON)

    BalasHapus
  8. Kalo cara di atas sdh dicoba, daku tdk tau lagi cara yg lain, kecuali laptop mu di install ulang. Tapi itupun tidak menjamin. So?

    BalasHapus
  9. Hi Aya, coba pake software keren namanya Trillian deh. Bisa YM, bisa juga MSN.
    Aq pake ini dan belum pernah nemuin masalah

    BalasHapus