Senin, Maret 31, 2008

Damn, I'm Gorgeous!!!!

Girls, jauh lebih mudah tuk bilang “saya gak pede” dibanding memuji diri begitu rupa. Padahal, kemampuan memuji diri adalah salah satu cara ampuh mendongkrak popularitas…eh salah maksudnya mendongkrak kepercayaan diri kita. Untuk permulaannya, coba deh baca tips-tips simple berikut yang saya rangkum dari beberapa buku self development:

1. I'm Pretty

Berdirilah didepan cermin. Anda menemukan sosok cantik itu kan? Okelah anda tidak puas dengan hidung yang mancung ke dalam atau rambut yang kriwil-kriwil itu (Maaf Tri -teman kost saya yang sangat gak PD dgn rambut curlynya yg menurut saya sangat eksotis) Ah…gitu aja repot, gampang kok, kalo ada duit nih, lurusin aja rambutnya, trus hidung yang pesek bias disamarin dengan make up. Pipi chubby? Perut ndut?.....ya kembali lagi ada make up tuk nyamarin, trus pake aja korset biar perutnya bias kelihatan abis kayak minum jamu urus-urus, hehehe…..the poin is gak ada kekurangan yang gak bisa dikoreksi sekarang ini. Lagian untuk menjadi cantik kan gak mesti penampilan luar yang dinilai. Banyak kok hal2 lain yang bisa kita tonjolin atau banggain untuk menunjukkan kecantikan kita.inner beauty, girls...inner beauty. Ayo, nikmati rasa cantik itu dan sebarkan auranya kesekeliling kita, sebar....sebar...sebar...^_^

2.Asah Talenta

Disadari atau tidak, setiap individu di muka bumi ini pasti memiliki sesuatu yang unik atau keahlian khusus. Termasuk Anda dan juga saya. Merasa gak punya kelebihan? It’s impossible lah.....Mungkin Anda belum menyadarinya saja atau menganggap hal itu adalah hal biasa dalam hidup Anda (tapi belum tentu buat orang lain lho!). Cobalah gali potensi itu, mungkin ia hanya perlu dipancing keluar. Oleh karena itu susunlah target-target jangka pendek maupun jangka panjang yang realistis untuk diwujudkan. Dengan begitu anda memiliki cukup waktu untuk belajar sekaligus memantau proggres pencapaian target atau bakat alami yang ingin anda asah. Kalo anda suka nyanyi, atau suka memotret atau senang berolahraga, perdalam kemampuan itu. Karena semakin anda terampil di bidang tersebut, maka rasa pede pun akan seiring meningkat.

3.Being Aktif

Jangan hanya mengurung diri di rumah girls. Aktif diberbagai kegiatan atau organisasi dooong!! Dari situ anda akan mendapat banyak kenalan, wawasan dan juga baru. Nah semakin banyak aktivitas yang anda ikuti, akan semakin banyak juga teman yang anda dapat. Dengan begitu pergaulan pun akan semakin luas.

4.Ikut Sekolah Kepribadian yuks

Pernah terpikir untuk mengikuti sekolah kepribadian? Wujudkan dong. Disekolah seperti ini kita bakal banyak diajarin tentang hal-hal yang berguna untuk survive dilingkungan pergaulan. Misalnya etika pergaulan, table manners, komunikasi efektif, public speaking, time management, leadership dan mengeksplorasi potensi diri kita. Tapi jangan sekedar ngapalin teori aja ya. Praktekin juga dong di dunia nyata.

5.Baca Buku

Kalo semisalnya kita gak punya waktu atau gak punya duit untuk mengikuti sekolah kepribadian, so ada solusi lain nih. Banyak baca buku. Buku apa aja. Yang jelas buku tersebut akan menambah khasanah pengetahuan umum kita juga memperluas wawasan akan topik-topik yang kita minati. Selain itu gak kalah pentingnya adalah buku-buku pengembangan diri ataupun buku psikologi karangan penulis-penulis hebat, misalnya saja karya Dale Carnegie, Rhonda Byrne, Habiburrahman El-Shirazy, Andrie Wongso, Gde Prama, Andrea Hirata (Hehehe....contoh ini adalah buku-buku standar fave saya). Buku-buku ini penting bagi kita untuk bisa mengenali diri kita lebih dalam dan juga mengajarkan kita bagaimana berinteraksi efektif dengan orang lain yang notabene memiliki karakter berbeda dengan diri kita.

6.Menikmati Hidup

Begitu banyak kenikmatan yang kita rasakan dalam hidup. Sekali waktu cobalah menghitungnya. Study atau karier yang berjalan sesuai harapan, teman-teman yang iseng tapi selalu fun, keluarga yang overprotective tapi selalu hangat, pasangan yang sering lupa ultah Anda tapi sabarnya minta ampun menghadapi kemanjaan Anda. Atasan yang super duper bawel tapi selalu memotivasi Anda untuk maju. See....ternyata hidup itu menyenangkan bukan?! Betapapun menyebalkan suatui kondisi, akan selalu ada hikmah atau sisi positifnya. Jadi mulai dari sekarang, jangan kebanyakan menghitung kegagalan atau hal-hal negatif lainnya. Percaya deh, itu bisa mengikis rasa percaya diri anda. Sayang kan.

7.PD laaaah

Modal terbesar kesuksesan seorang cewek adalah Positive Attitude, Knowledge dan Networking. Tiga hal diatas mampu membangung sosok pribadi perempuan menjadi brand image yang kuat dan memancarkan aura positive. Itu diungkapkan Sylvia Rimm, penulis buku See Jane Win dan How Jane Wo. Berdasarkan penelitian mbak Sylvia ini (Ih Aya SKSD banget sih manggil mbak, emang kenal?) untuk menjadi sukses perempuan tidak mesti harus menjadi seperti pria dan tidak musti harus mengandalkan sensualitas sebagai modal utama. So, girls....udah denger kan?!Mulai dari sekarang, mari kita hapus kata "gak PD" dari kamus harian kita and siap-siap to say Damn, I'm Gorgeous kepada dunia. Good Luck yaaaaaa!!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar