Sabtu, April 24, 2010

Teknik Percepat Penyembuhan Cedera

(Picture taken from here)

KOMPAS.com — Sepertinya memang tidak mungkin berharap melewati hidup tanpa cedera. Kegiatan olahraga pun bisa menimbulkan cedera. Namun, ada beberapa hal yang bisa membantu mempercepat penyembuhan cedera Anda.

Jika mengalami cedera jaringan lunak yang ringan, ingatlah PRICE, yang berasal dari Protection (perlindungan), Rest (istirahat), Ice (es), Compression (pemasangan perban elastik), dan Elevation (menaikkan posisi).

Protection (perlindungan) Bagian yang cedera dibuat tidak dapat bergerak agar cepat sembuh dan terhindar dari cedera lebih lanjut. Pakailah perban elastik, sling, belat, kruk, atau tongkat.

Rest (istirahat) Hindari aktivitas penyebab nyeri atau bengkak. Istirahat mutlak diperlukan agar jaringan pada daerah cedera cepat sembuh. Namun, usahakan tetap menggerakkan bagian yang tidak cedera untuk mencegah memburuknya keadaan.

Ice (es) Untuk mengurangi nyeri, bengkak atau spasme otot, segera beri kompres es ke bagian cedera. Kantong es dan mengurut dengan es bagian cedera yang lebih kecil, semuanya itu akan bermanfaat. Selama masih ada pembengkakan, beri es berulang-ulang.

Compression (pemasangan perban) Pembengkakan pada cedera persendian dapat membuat persendian tidak dapat digerakkan. Untuk mengendalikan pembengkakan, balutlah daerah cedera dengan pembungkus atau perban elastik sampai bengkak hilang.

Elevation (menaikkan posisi) Naikkan posisi lengan atau tungkai yang bengkak lebih tinggi dari posisi jantung agar bengkak berkurang. Ini terutama penting dilakukan pada malam hari.

Source:
http://id.news.yahoo.com/kmps/20100424/tls-teknik-percepat-penyembuhan-cedera-8d16233.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar