Jumat, Maret 12, 2010

Prajabnas Kemendiknas 2010 Makassar

Dulu pernah sekali Aya cerita ttg CPNS-an kan diblog ini?!
Nah, sekarang Aya mo lanjutin lagi critana niiih. Ikutin yah.....tarik maaaaaaang!!!!

Setelah terangkat bulan Desember 2008 lalu sebagai CPNS dan SK CPNS dikeluarkan bulan April 2009, maka tibalah masa menjadi PNS. Untuk menjadi PNS dengan gaji pokok yg dibayarkan 100%, maka kita-kita yg CPNS ini harus melalui suatu pelatihan yang bernama Diklat Prajabatan. Lengkapnya sih Diklat Prajabatan  CPNS Gol. III Reguler Kementrian Pendidikan Nasional 2010 atau disingkat Prajabnas Kemendiknas 2010, pfffiuhhhhhh **ngos-ngosan baca**

Diklat ini rutin dilakukan beberapa kali dalam setahun diLPMP (Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan) seluruh Indonesia. Khusus diSulawesi Selatan, tempatnya tuh ada diJl. A.P Pettarani, hampir berhadapan langsung dengan Kampus Universitas Negeri Makassar (beda tipis ji, hehehehe). Naaaaah, disanalah kami-kami menghabiskan waktu selama 2 minggu, terhitung dari tgl 22 Februari - 07 Maret 2010 mengikuti materi ttg bagaimana menjadi PNS yang baik, jujur, benar, berbudi luhur, amanah, bebas KKN, punya integritas diri dan paling penting beriman & bertaqwa...cieeee!!!



Walaupun tinggal ditengah2 kota dan dekat jaraknya dari Mall (ada Mall Panakkukang & Ramayana), jangan dikira keluar dari LPMP itu mudah. Selama pelatihan berlangsung, kami hampir2 terisolir dari dunia luar. Kontak dengan dunia luar hanya ada via internet, telepon, sms dan kunjungan keluarga, tapi itupun hanya  pada waktu2 tertentu saja, tidak setiap saat.Kalo mo keluar, harus minta ijin, itupun kalo dibolehin. Kebanyakan kasus yg kemarin2 terjadi, saking ketatnya peraturan ditambah ribetnya birokrasi perizinan, kebanyakan teman-teman terpaksa membatalkan keinginannya untuk keluar. Saya aja kemaren, pas pengen keluar beli kertas kuarto di toko samping LPMP gak dibolehin. Keputusan akhirnya, panitia yg pergi membelikan **kecewaaaaaaaaaaa gak bisa keluar mejeng**

Nah, sekarang crita ttg pesertanya nih. Jumlah peserta secara keseluruhan adalah +/- 116 orang. Karena berasal dari kalangan perguruan tinggi, maka tidak heran kalo teman-temanku rata-rata adalah dosen-dosen muda yang baru terangkat Desember 2008 sama dengan diriku. Ada juga beberapa orang staff admin maupun keuangan, tapi bisa dihitung jari kok. Asal institusi peserta antara lain dari Universitas Hasanuddin, Universitas Negeri Makassar, Politeknik Negeri Makassar, Politani Pangkep, Universitas Islam Negeri Makassar & STAIN Palopo.
Peserta terbanyak didominasi oleh Unhas, yg jumlahnya 65 orang (daftar terlampir, hehehe). Kami yg dari Unhas berasal dari berbagai macam Fakultas, ada Ekonomi, Kedokteran, Kedokteran Gigi, Pertanian, Farmasi, Hukum, Peternakan, MIPA, Teknik, Kehutanan, Ilmu Budaya, Fisip, dll (angkat bicara yang belum diabsen??!).
Saya pribadi bersama K'Rini & Andriani, mewakili Prodi Keperawatan Fakultas Kedokteran Unhas. Karena jumlahnya besar sekali, kami dibagi dalam tiga kelas A, B & C. Masing-masing ada ketua kelasnya, oia ada juga kepala sukunya lho!. Dikelas A, ktua kelasnya tuh ada pak Ahmad Taufik dari Politeknik Negeri Makassar, Kelas B ada pak Ibrahim (hmmm....dari mana lagi itu di'? UNM ya Pak? ), Trus Kelas C ada Pak Abbas dari Unhas, terakhir kepala suku kami adalah Pak Ridho (Muh. Ridho dari FIB Unhas). Saya bareng 38 orang masuk dikelas A yang proses belajar mengajarnya berlangsung diAula 3.

Anyway, selama 2 minggu itu, jadwal kegiatan kami sangat padat, gak ada deh ceritanya bisa berleha-leha atau nyante seenak dewe kayak diluar LPMP. Rutinitas harian sudah dimulai pagi hari saat sirene yg ada diWisma Anggrek (Wisma para Lelaki tuh...kalo yang cewek diwisma Cempaka) dibunyikan jam 4.30 WITA. Itu berarti saatnya bangun dari peraduan dan siap-siap sholat shubuh. Jam 5.30 sudah harus kumpul dan berbaris rapi sesuai kelas dihalaman depan LPMP. Setelah peserta hadir semua, kami kemudian jalan pagi 1 -2 Km beriringan disekitar kompleks LPMP. Jalan pagi selesai, masih disambung lagi dengan senam aerobik yang dipandu instruktur seksyeeeeh....... Ini nih kegiatan yg bikin para cowok, pria, laki-laki, bapak-bapak, om om peserta Prajab semangat 45 tiap paginya, walaupun pada akhirnya badan pegel-pegel dan linu karena gerakannya sangat energik dan menguras tenaga;p

Aerobik selesai, absen pagi, lalu Breakfast diRuang Makan lantai 2. Oya, ada satu kebiasaan yg rutin dilakukan disini saat makan. Kalo makan, kita harus tertib, gak boleh makan sendiri-sendiri, harus nunggu semua teman hadir dulu baru doa, dan boleh makan. Nah, supaya ketahuan siapa yg belum hadir, kami tidak boleh berpindah-pindah kursi & meja makan. Jadi mulai dari hari pertama hingga terkahir, kalo emang duduknya di meja makan bagian pojok, ya udah terima aja nasibnya selama 2 minggu dipojok situ terus, hehehe... Naaah, kapan kalo ada kursi yang kosong saat doa sebelum makan dipanjatkan, bisa ketahuan tuh kalo si empunya kursi belum hadir diruangan, jadi bisa diomelin rame-rame biar kapok kalo telat makan lagi.

Jam 07.45 WITA dengan mengenakan kemeja putih & Rok/Celana hitam ditambah ID Card yg harus dipake kemana-mana, kami apel pagi didepan ruang kelas.Setelah absen didepan pintu masuk, kami kemudian mengikuti materi kelas tepat jam 08.00 WITA dipandu oleh seorang Widyaiswara dari LPMP (gurunya para abdi negara tuh!). Belajarnya sambung menyambung dengan topik yg hampir sama satu hari penuh, disleingi morning break selama 15 menit dan afternoon break selama 30 menit. Istirahat makan siang nanti baru sekitar jam 12.45 - 14.00 WITA.


Pun, setelah mandi sore dan makan malam, kami harus melanjutkan lagi pelajaran dikelas yg sama dan widyaiswara yg masih sama dari jam 19.00 - 21.30 WITA. Dengan kondisi monoton seperti ini, butuh keahlian dan keterampilan tinggi untuk membuat para peserta tetap tune-in dan gak ngantuk dikelas. Untungnya para widyaiswara yg masuk dikelas kami sangat professional dan patut mendapat acungan jempol. Mengapa bisa???? Metode PBM dikelas sangat menarik dan interaktif juga fun karena mereka. Kami jarang bosan karena dinamika dalam kelas sangat tinggi. Diskusi kelompok yg jadi andalan, presentasi pun bisa sampe berkali-kali dalam sehari. Tarian, lagu, drama, puisi, yell-yell dan jenis kretifitas lain yang fun bisa lahir dari topik-topik serius semacam "Wawasan kebangsaan dalam kerangka NKRI", Budaya Kerja Organisasi, Manajemen Perkantoran Modern, Pelayanan Prima bahkan "Komunikasi Efektif". Seru deh Pokoknya!!!

Selain materi kelas, kami juga dapat materi diluar ruang kelas. Sebut saja pada hari ketiga ada Latihan Baris-Berbaris & Tata Upacara Sipil yang dibimbing langsung oleh instruktur dari Kepolisian Makassar, Bapak AIPTU Slamet & AKBP Suharto yang suabaaaaaaaaaaaaaaar banget mengajari kami yang bandel-bandel **maksih ya Pak Polisi, makasih makasih**. Oleh mereka, kami diajari gimana cara disiplin, sikap siap dan istirahat, macam-macam langkah, perubahan arah, bahkan latihan tata upacara sipil. Itu looh...gimana caranya melaksanakan upacara, utamanya cara melipat sang Merah Putih yang baik dan benar **hormaaaaaaaaaaaaaaaaat grak!!**
Trus lagi diminggu kedua, ada kegiatan outbound dengan materi "Menjalin Kerjasama Tim". Disitu kami bermain dalam group untuk menjalin kerjasama dan memupuk kekompakan tim melalui berbagai permainan "Lingkaran Besar & Lingkaran Kecil", Hola Hoop", "Pohon & Rusa (kesepian, wkwkwkwk)" juga ada "Pingpong Berantai" (ini nama gamenya apa ya, sebenarnya???Ada yg tau????).

Kembali ke laptop, eh ke kelas ding. Setelah satu harian mengikuti materi, kami biasanya diwajibkan membuat makalah/resume dari setiap materi yg diberikan hari itu oleh para widyaiswara. Makalahnya ditulis tangan, dan biasanya dikerjakan sesaat sebelum tidur malam karena keesokan harinya sudah harus dikumpul ke panitia yang bertugas pagi. Kebetulan saya orangnya kadang agak lelet, awal-awal sempat ketetran ngerjain tugas karena saya gak kuat banget begadang, bisa tepar besok paginya atau kena aura kalo maksain diri begadang malam. Akhirnya , saya pakelah jurus jitu, yaitu merangkum pada saat materi sedang on going dikelas, hehehehe......it worked though, makalah rebes bes bes........., bahkan sudah selesai sebelum materinya diajarkan. Nah lho;p

Materinya selesai, ujian pun tiba. Kami harus mengikuti tes akhir sebagai bentuk evaluasi dari keseluruhan Prose Belajar Mengajar. Materi yang diujikan adalah materi yang kami dapatkan selama 2 minggu kok, jadi nggak susah-susah amat **karena banyakji mengarang bebasnya, hehehehe***
Tak terasa waktu 2 minggu terlewati sudah, banyak cerita sudah kami alami bersama-sama. Beberapa kisah lucu, sedih, kemarahan, jelousy, love story, bahkan affair (ups...sapa mi itu???) menjadi bumbu prajabnas kemendiknas 2010 kali ini. Banyak getirnya, tapi lebih banyak manisnya saya rasa. 2 minggu sebelumnya Kami datang keLPMP sebagai individu yg berbeda-beda, tapi akhirnya keluar dalam tali persaudaraan yang hangat dan (mudah-mudahan) tak lekang oleh waktu, Insya Allah.

Makassar 12 Maret 2010, pkl.11.30 WITA
Ditulis dalam kondisi 100% sadar & didedikasikan untuk seluruh peserta Prajabnas Kemendiknas 2010 Makassar;)
Salam Hangat
-Aya aka BuAya- (Peserta kelas A nomor urut 27)

1 komentar:

  1. Hebat..Hebat..Hebat...Ceritanya..
    mau..Mau..Mau...baca lgi sambungannya..he.he..!!!
    Tolong masukin donk, gimana ceritanya...
    Dr. Ecce VS Pak Kumis yg Begitu Dramatis, menegangkan & Heroik serta pake acara nangis2 jg...he.he...!!!(Insiden yg tak terlupakan).
    Dri Peserta Prajabnas kemendiknas 2010..
    Sahril Buchori Kelas C No.Urut 6..

    BalasHapus