Sabtu, September 24, 2011

Berburu Yang Halal dikota Sheffield

Aya, have you prayed Zhuhr? Teman saya Khadijah seorang muslimah dari Nigeria tiba-tiba saja bertanya saat kami sedang dilift. “No, I havent! Have you?! Balik saya bertanya. Saya melirik jam tangan saya, duh sudah jam 3 lewat sedikit dan saya belum menunaikan kewajiban saya satu ini. Padahal setelah ini kami masih ada sesi ramah tamah dengan mahasiswa baru MPH lain digedung Regent Court ini. Khadijah menggelang, berarti belum juga.

Bisa dimaklumi karena kami tadi harus keluar dari rumah masing2 sebelum waktu sholat Dhuhur yang diSheffield sini jatuh tepat jam 12.59 siang. Kelas kami tadi  dengan Prof Dorling ttg Human Geography mulai jam 1 siang, lalu setelah itu disambung dengan Carrier Talk dan Study Skill hingga jam 3 sore digedung Mappin Building. Nah sekarang setelah pindah ruangan ke Regent Court baru nyadar belum sholat. Padahal kata sister Sri, mahasiswa Malaysia yang saya temui di acara Muslim student Reception kemarin, ada mushalla digedung Mappin Building lho, gedung yang tadi saya pake kuliah jam 1 itu. Hmmm…itu yang paling terdekat saat ini, kesana aja deh.
Berdua Khadijah akhirnya saya turun lagi kelantai bawah melalui lift dilantai 2 gedung Regent Court. Kami menuju Mappin Building dengan niat mencari mushola dan sholat dhuhur disana. Begitu masuk dientrance Mappin Building, mata saya nanar mencari2 plang penunjuk ke arah ruang yang dimaksud. Aha! itu dia, agak tersembunyi dibalik tangga menuju ke lantai bawah gedung ini. Room C160.
13168118541121509377
Plang Penunjuk Ruang sholat diMappain Building (C160)
Dengan tergesa-gesa kami segera mengikuti petunjuk yang ada diplang tadi. Menuruni tangga dua kali, lalu belok kiri sembari mata kami menyapu semua nomor ruangan yang tertera dipuluhan pintu yang kami lewati.
Syukurnya petunjuk yang dipasang disepanjang jalan meujun ruangan tersebut memudahkan kami menemukan mushola yang dimaksud. Ruang sholat brother dan sister dipisah. Ruang sholat brother ada dilantai bawah sedang sister persis setingkat diruang atasnya. Walaupun kecil tapi suasananya kondusif sekali untuk sholat, malahan ada ruang wudhunya pula, jadi gak perlu wudhu kucing-kucingan ditoilet kamar mandi seperti kalo mo wudhu dimusholla Mall GTC Makassar atau mall-mall lain di Indonesia yang gak membolehkan pengunjugn untuk wudhu dan membasahi lantai kamar mandi mereka.
13168122231706945768
Ruang Wudhu Sister di dalam Ruangan C160
Ruang sholatnya tidak seberapa besar. Ukurannya sekitar 3 x 5 meter, muat untuk 10-15 orang sister jika sholat berjamaah. Ada sajadah yang sudah dibentangkan menghadap serong ke arah tembok kiri saya. Tadi sempat khawatir karena gak bawa alat sholat, eeeh…ternyata ada disediakan disini, sekalian sama sarung cap gajah duduknya malah, hehehe. Oia, satu hal lagi yang perlu diingat. bahwa kalo biasanya di Indonesia kita sholat menghadap ke arah Barat , nah kalo diUK sholatnya menghadap ke arah South East atau Tenggara, so dont get it wrong yah! Pastikan selalu bawa kompas untuk mempermudah arah kiblat anda.
13168127171966907240
Ruang Sholat Sister diRoom C160, Mappin Building

Selain di Mappin Building ini, ada beberapa tempat yang bisa digunakan untuk sholat, yang disediakan kampus University of Sheffield. Tempatnya tersebar dibeberapa lokasi. Kemarin saat pertemuan dengan USIC (University of Sheffield Islamic Circle) atau persatuan mahasiswa muslim disheffield, saya dikasih selebaran tentang mesjid dan ruang sholat yang berlokasi disekitar kampus. Ini dia tempatnya:
  1. Information Common Buidling, level 2

  2. Student Union level 2

  3. Hallamshire Hospital, Ground Floor

  4. Management School

  5. Muslim WelfaresHouse, 10-12 Severn Road, S10 2SU (0.5 miles from union)

  6. Ar Risalah Masjid, 51 Montgomery Terrace Road, S6 3BW
Selain itu, saya juga dikasih daftar toko grocery dan Toko Daging Hala disekitar Sheffield. Biar hati kita tenang untuk belanja dan makan makanan halalnya. Ini dia alamatnya:
  1. Peace Valley Food & News, 272 Glossop Road, S10 2HS (0,2 miles dari student union)

  2. Yafei & Sons Food Store, 29 Filey St, S10 2FG (0,4 miles dari student union)

  3. Brromhill Mini Market, 253 Broomhill St, S3 7SP (0,4 miles dari student union)

  4. Fitzwilliam Global Food Store, 127 Fitzwilliam St, S1 4JP (0,6 miles dari student union)

  5. Al Zahir, 30 Carlsile St, S4 7LJ (1.7 miles dari student union)

  6. Rehman & Sons, 529-531 Abbeydale Road, S7 1FU (1.8 miles dari student union)

  7. Malik Halal Butcher, 125 Upwell St, S4 8AN (3,1 miles dari student union)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar