Kamis, Desember 22, 2011

Aaargh, Blogku dibajak Orang!!!

Pucat dan pias, itu respon wajah saya yang pertama begitu tau blog saya dibajak orang. Padahal siangnya saya masih sempat buka lamannya dan gak ada masalah. Namun sekitar jam 10 malam waktu Sheffield (jam 5 subuh WIB) saya kaget mendapati blog saya gak bisa dibuka seperti biasanya. Saat saya ketik nurhayanurdin.blogspot.com dibrowser saya, yang ada saya malah diarahkan ke website lain, yaitu Ripway.com.
Saya gak tau ini hukuman ataukah teguran dari sesama blogger lain, tapi yg jelas dua jam sebelumnya saya sedang mengawal sebuah group dukungan dijejaring sosial yg berjuang untuk mendapatkan keadilan bagi seorang Security yang diperkarakan ke meja hijau oleh gadis manja bernama Mega dari keluarga kaya yg berpura-pura berperan menjadi suster ngesot untuk memberi kejutan kepada temannya. Baca berita lengkap dan videonya disini

Jumlah anggota yang tergabung dalam group sejak pertama kali dibentuk kurang dari seminggu lalu sudah mencapai 20 ribu member, pertambahan yg menurut saya sangat signifikan menandakan animo masyarakat yg cukup antusias terhadap group tsb. Anggota group tersebut terdiri dari berbagai macam orang dan latar belakang berbeda, namun mereka semua dipersatukan oleh tujuan yang sama, yaitu untuk mendukung dan memberikan keadilan bagi satpam Sunarya. Namun sayangnya ada sebagian kecil penyusup yg saya yakin tidak berdiri dipihak Pak Satpam Sunarya, buktinya mereka kadang melempar komentar miris menyalahkan pak Sunarya yg katanya semena-mena, tapi lucunya komentar tsb ujung-ujungnya habis "dibantai" oleh pendukung pak Sunarya. 

Disiang hari komentar dari anggota sangat aktif karena dimediasi oleh beberapa orang admin resmi, namun malamnya antara jam 12 - 4 subuh agak sepi namun rawan penyusup karena rata-rata admin sudah offline jam segitu tinggal sebagian kecil member yg aktif berdiskusi atau sekedar chitchat. Nah, kebetulan saat baru awal-awal bergabung saya sempat berkomunikasi dengan beberapa orang digroup itu, dan ketika tau bahwa saya sekarang berdomisli di Inggris dan beda waktunya 7 jam lebih lambat mereka memberi usul kenapa saya gak "ngeronda malam di dunia maya" ngawasin grup saat admin resmi offline, sehingga bisa ada yg mengingatkan kalo ada member yg melenceng dan admin bisa segera tahu jika ada hal-hal yg mencurigakan terjadi digroup.
Berhubung sekarang lagi musim liburan dan saya juga sudah biasa jadi admin dibeberapa group, saya terima saja, wong dasarnya saya emang hobi berselancar diinternet kok, hehehe. Akhirnya tawaran tersebut saya terima dengan senang hati.

So, mulai dari jam 7 - 10 malam waktu Sheffield (jam 2 - 5 subuh WIB) saya standby didepan laptop, memperhatikan diskusi digroup tersebut dan sesekali menimpali komentar anggota sambil berusaha mengingatkan aturan diskusi digroup tersebut. Caranya dengan menyundul pesan dari inisiator group mas Aryadilagha Nugraha sehingga pesan tsb bisa dilihat dan dibaca oleh member baru sebelum mereka posting atau memberi komentar baru.
Pesan dari inisiator sejuta dukungan buat Pak Satpam Sunarya

Nah, sekitaran jam 8 malam (jam 3 subuh WIB) ada satu member yg bertanya ttg account jejaring sosial mega diFB dan Twitter. Member tersebut ingin coba-coba menghacked account pribadi Mega, lalu saya timpali "Setahu saya accountnya dah dihacked duluan sama yg lain, tinggal blognya yg diblogspot keknya masih diprotect. Buktinya dia masih bisa posting kronologis kejadian saat dia ditendang pak Sunarya". Percakapan tersebut berakhir dengan pesan dari si member yg akan meneruskan usulan menghacked blog mega keforum (entah mungkin forums hacker maksudnya?) jika ada yang tertarik menindak lanjuti.
Salah satu member yg bertanya ttg hacking account pribadi Mega

Ketika waktu sudah cukup larut sekitar jam 10 malam, dan Indonesia sudah masuk waktu subuh, saya lihat group mulai aktif kembali karena member diIndonesia sudah mulai bangun dan beraktifitas, namun saya masih menunggu hingga salah satu admin resmi nongol menyapa atau sekedar me-like postingan member lain, jadi saya bisa mundur tuk istirahat. Sambil menunggu iseng-iseng saya membuka blog saya ini. Alangkah kagetnya saya ketika tiba-tiba blog saya langsung diarahkan ke ripway.com, semacam laman iklan produk iklan alat-alat kantor. Berkali-kali saya coba tetap juga tidak berhasil. Saya coba dengan menghapus semua caches lama, dan bahkan saya coba buka dengan berbagai browser. Nihil. Tetap tidak berhasil!!! Dari situlah saya kemudian sadar bahwa blog saya sudah dikerjai orang.

Karena dalam kondisi sangat panik, saya posting pertanyaan diFB saya, tidak lama dua orang teman saya mencoba menuntun dan memberi solusi sambil saya berusaha mengutak-atik settingan blog. Gak berhasil juga. Saya lalu bertanya pada Oom google dan berujung ke sebuah forum blogger helper yg membantu saya mengakses langsung kode HTML mencurigakan yg ditanamkan dalam tiga buah widget tambahan diblog saya.
Namun karena saat itu sudah sangat larut dan saya sangat stress gak berhasil berhasil, akhirnya saya memutuskan akan melanjutkan keesokan harinya, paling tidak saya sudah tahu dimana letak permasalahan dan gimana cara mengatasinya.
Alhamdulillah keesokan harinya, berbekal panduan dari seorang blogger yg bernama nitecruzr, saya akhirnya bisa menghilangkan widget-widget mencurigakan yg dipasang oleh hacker usil diblog saya. Sayang juga sih, karena harus merelakan beberapa widget untuk dihapus, padahal mereka kan bikin tampilan blog jadi cantik, hiks. But, daripada blog gak balik-balik, ya sudahlah, diikhlaskan saja. Sungguh satu pengalaman yg sangat mendebarkan bagi seorang blogger amatiran yg gak terlalu ngerti IT seperti saya, ckkckckck. Bayangkan, apa jadinya jika blog ini gak kembali? Tulisan-tulisan dan memori saya dari 2006 hingga sekarang akan lenyap begitu saja tanpa bekas dong. Wuhaaaaa....gak rela gak rela!! **nangis bombay**.

Tapi sisi baiknya adalah saya bisa memetik pelajaran dari sini, bahwa saya harus selalu waspada dan bersiap terhadap segala konsekuensi dan kemungkinan terburuk ketika memutuskan untuk berdiri pada satu pihak yg saya yakini benar. Apapun yang terjadi (mo panas, hujan, gak ada ojek, becek = lebay mode) harus tetap bisa fokus pada tujuan utama, yaitu membela dan mendukung pak Sunarya sebagai simbol perlawanan dari rakyat kecil yg tertindas oleh arogansi orang kaya yang semena-mena. Pokoknya hidup Pak Sunarya, Hidup keadilan!!!!! **ngacung semangat 45**


Selain itu juga saya memang sudah harus mulai berpikir ttg back up memback up tulisan diblog sih. Sejauh ini blog yg ini memang agak saya terlantarkan (maaf blogku sayang....). Saya sibuk mengurusi dan memoderasi beberapa blog dan milis lain ditengah-tengah padatnya perkuliahan disini. Tulisan saya juga berserakan dibeberapa blog berbeda, mungkin sudah saatnya saya harus satukan dalam satu blog saja dan kalo perlu dijadiin buku, trus diterbitin (kalo ada yg mo baca, hehehehe).
Hmmm..... jadi ada ide, mungkin itu bisa saya jadikan salah satu resolusi untuk tahun 2012 kali ya?!



Salam dari tanah Edensor, Sheffield.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar