Selasa, November 28, 2006

Tiramisu......meleleh deh!

Siapa yang pernah mencoba Tiramisu? Gimana rasanya?
Aku yakin, pasti Anda-anda yang pernah mencobanya akan bilang, Alhamdulillah, uenak banget..nget..nget rasanya.
Yup....Tiramisu memang sangat menggoda, baru liat tampilannya aja udah menggugah selera apalagi kalo sudah mencobanya, mhhh...slurp. Makanya tidak heran kalo ada yang menjuluki Tiramisu adalah Heaven in your mouth.
Dulu aku punya teman kuliah cowok, yang saking senangnya ama dessert ini pernah bilang, bahwa salah satu kriteria calon istrinya adalah selain cantik dan pintar, she has to know how to make this dessert, kalo gak.....gak bakalan dilirik deh ama dia (sok cakep banget seh kamu teman) hahaha...ada-ada aja teman yang satu itu, emang dia mo nyari istri apa cuman mo makan tiramisu gratis ya?

Saat pertama kali disodori dessert ini di Makassar beberapa tahun yang lalu, kupikir Tiramisu itu originalnya dari Jepang, soalnya namanya seperti umumnya kata-kata dalam Hiragana. Ternyata setelah tiba diSydney dan bertemu dengan teman Italian, Giacomo (dia yang ngajarin aku buat Tiramisu lho), anggapanku berubah. Tiramisu itu sebenarnya dessert yang ditemukan pertama kali disebuah kota yang bernama Treviso dibagian Northern Italy kurang lebih hampir 20 tahun yang lalu.

Tiramisu yang dalam bahasa Italy berarti "Pick me up" adalah "semifreddo dessert", yang semestinya dihidangkan dalam kondisi dingin tapi tidak sampai beku. Terdiri dari bahan dasar telur mentah, mascarpone cheese dan Ladyfinger cake (sponge cake), dessert ini sangat mudah dibuat dan tidak perlu dimasukkan dalam oven ataupun dimasak. Untuk menampilkan citarasa tiramisu yang khas, biasanya ditambahkan wine atau alcohol didalam creamnya, tapi untuk kreasi Tiramisu ala Aya kali ini, dijamin gak ada pake liquor2an deh kecuali air kopi.

Ada satu hal penting yang perlu diperhatikan dalam pembuatan dessert ini. Karena Tiramisu dibuat dari bahan dasar telur mentah, maka bahaya Salmonella Typhy akan muncul jika dessert ini dikonsumsi setelah lewat dari tiga hari, meskipun didinginkan didalam fridge. So, setelah lewat tiga hari, mending buat Tiramisu yang baru lagi deh.

HALAL TIRAMISU (without alcohol or wine)
Ingredients:
5 Eggs (separate the yolks)
2 cups Mascarpone cheese (Coles)
10 sdt gula halus
1 Pack ladyfinger cake or sponge cake (Coles, Bi-Lo)
5 sdt kopi bubuk larutkan dalam 1,5 gelas air panas
Mixer atau kocokan kue manual
3 buah wadah (masing2 untuk putih telur, kuning telur dan mascarpone)
Loyang kue

Cara membuat:
1. Pisahkan putih telur dengan yolk, masing2 ditaruh dalam wadah yang berbeda.
2. Mixer atau kocok putih telur sampai berwarna putih dan kaku, diamkan sebentar
3. Aduk kuning telur dengan gula halus sedikit demi sedikit sampai tercampur merata, sisihkan.
4. Tuang mascarpone kedalam wadah yang agak besar, lalu campurkan adonan kuning telur sedikit demi sedikit, aduk hingga merata.
5. Masukkan adonan putih telur yang sudah dikocok hingga kaku. Masukkan perlahan2 ambil diaduk hingga menyatu sempurna dengan adonan mascarpone dan kuning telur hingga akan terlihat seperti cream.
6. Sementara itu seduh kopi dengan air panas, cairan ini nanti akan digunakan untuk merendam ladyfinger cake supaya memiliki citarasa kopi didalamnya.
7. Setelah ladyfinger dicelup 2 detik didalam air kopi, susun ladyfinger dalam loyang kue baik secara vertikal maupun horizontal.
8. Tutup dengan adonan cream diatasnya, lalu susun lagi ladyfinger diatasnya lalu tuang lagi cream lapisan kedua diatasnya sampai habis.
9. Dinginkan dalam fridge (jangan difrozen)
10.Selamat mencoba ya^o^

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar