Senin, Desember 04, 2006

Nikah Muda? Gimana ya....

"Ingin melepaskan beban orang tua", itu yg selalu dikemukakan oleh banyak sodara-sodara kita yang menikah di Usia muda.Iya, umumnya mereka yang nikah diUsia muda ini memang berasal dari latar belakang ekonomi yg kurang mampu, mereka tinggal di desa yg notabene masih cukup tertinggal dr arus informasi. Mereka juga rata-rata pendidikannya masih belon tinggi. Menurut sebuah survei yg diadakan oleh serikat buruh international/ILO (June 2006)pada peringatan World Day Against Child Labour di Bogor, dilaporkan bahwa 71% remaja yang berusia 15-17 tahun adalah putus sekolah dan unemployee, dan meraka ini pada umumnya sudah menikah di usia dini.ILO berpendapat bahwa mreka yg putus sekolah dan tidak bekerja memilih utk menikah agar tidak membebani orang tua dan agar tdk terjerumus ke perbuatan zina. Tapi nyatanya mereka malah tambah terjerumus dalam jurang kemiskinan baru yang tidak ada kesudahannya. Sedih mendengarnya!

Masalah tidak hanya berhenti sampai disitu saja. Dari segi kesehatan usia pernikahan dibawah 17 tahun sangat rentan dengan beberapa masalah kesehatan reproduksi terutama bagi wanita. Yup, ini berkaitan dengan hubungan sexual dan kehamilan. Secara fisiologis rahim wanita <17 tahun belum siap untuk dibuahi. Mereka rentan dengan beberapa kondisi patologis seperti Mola Hydatidosa (hamil anggur) yang bisa menyebabkan perdarahan hebat, kanker rahim, kguguran berulang dan kondisi psikologis yang unstable. Sering banget aku ketemu kasus2 diatas saat masih praktek dibeberapa Rumah sakit diMakassar dulu. Bahkan, yang lebih sedih lagi bila harus menjumpai mereka diRumah Sakit Jiwa dengan alasan kondisi kejiwaan (parah.....) Eniwei, nikah muda tu boleh2 aja kok n gak nglanggar Undang-undang, well, UU No. 1 Tahun 1974 ttg Perkawinan bilang klo usia nikah utk perempuan itu 16 tahun (aku gak setuju!!!! harus diperbaharui lagi neh), utk laki-laki 19 tahun, hhhmmnnn, nikah muda boleh kan, tp ya itu tadi, tolong dipikir dulu, tujuan nikah itu apa, utk menghindari zina aja ato juga utk ngebangun keluarga yg sakinah. sudah siap ato blon, baik scara lahir ato batin. Yup, emang byk sodara-sodara kita yg jd artis pada nikah muda, lets say, Wulan Guritno, trus si Enno Lerian, ato si Nana Mirdad yg nikah di usia 19 tahun, tapi gak byk yg perkawinannya berkelanjutan, plg2 cuman bertahan 1-2 tahun. Well, zaman skarang tu beda bgt ma zaman ortu kita dulu, zaman skarang kayaknya zaman org gampang bosen, ga hanya bosen ama barang elektronik, tp juga bosen ama isteri or ama suami sendiri, gawat khan ya, yasud, yasud, nikah muda ok ok aja, tp pikir dulu dgn keras seblon Anda didesak utk berpikir yg lebih keras lage! Trus kapan dunk usia yg tepat buat nikah? hhhmm, ya di saat udah siap utk membangun keluarga yg sakinah, siap menjadi imam bagi keluarga, pendek kata, di saat si laki-laki sudah bekerja dan siap utk menafkahi isteri dan anaknya, di laen pihak di saat si perempuan udah siap lahir bathin membina keluarga let say...agama & akhlaknya baik, bisa masak, kondisi psikologisnya stabil, dan mandiri.Itu sih menurut sy temans, mungkin menurut Anda beda kali ye...., ya itz ok, kriteria tiap2 orang sangat subjectif kok! OK, kalo ditimbang2 dari segi umur, in my opinion usia terbaik untuk utk cowok nikah itu di antara 25-30 thn dan 20-25 thn buat cewek. So,mo nikah muda atau nggak? Keputusan ada ditangan Anda!!!!

5 komentar:

  1. Hi from Bandung...
    Sodara gw ada yg nikah muda (18thn)n berapa kali keguguran, sekarang gw ngerti jawabannya kenapa, thanks ya infonya.

    Salam
    Nanda

    BalasHapus
  2. Salam Balik juga, Nanda.
    Iya, saat umumnya wanita yg berusia dibawah 17 tahun, rahimnya belum siap untuk ditempati oleh bakal bayi, so istilahnya mo nanam padi, tapi sawahnya belum siap untuk ditanami^_^

    BalasHapus
  3. Wah, kalo masalah nikah jangan main-main. kasihan anaknya. Pikir-pikir bener sebelum nyesel. Salam Kenal

    BalasHapus
  4. To Haryanto: Iya bener, kasusnya dah sering banget terjadi, so...disinilah pentingnya counseling pra nikah dibutuhkan. sayangnya negara kita masih kurang care (apa emang gak perduli ya?!) Salam kenal juga mas Haryanto^_^

    BalasHapus
  5. saya ada temen, temen SMP.. dia nikah krn MBA, diumur2 anak SMP. 15an tahun.. Tp anaknya sehat..
    knp tdk seperti yg penulis tulis?

    dan sekrg baru musim pembalut Herbal..
    Kata Promotornya, penyakit Rahim atw penyakit2 lain jaman skrg itu lebih krn Lingkungan (makanan yg berpengawet dan bhn aditif bahaya lain, Udara yg berpolusi, bahkan Pembalut yg Mengandung Racun seperti Clorine dll)..
    dan org2 dulu, mrk di usia dibawah 17th kok bisa2 sj punya anak dan ga sakit2an rahim gt..

    jd, bener ga sih, Klw USIA di bwh 17th itu yg mnyebabkn sakit rahim ? soalny org2 dl tidak ada masalah ki....

    BalasHapus