Selasa, November 02, 2010

Gallery Walk ala PSIK FK Unhas

Bagi anda yang gak pernah dengar istilah ini pasti heran, apaan sih gallery walk? Pameran berjalan yak?! Hehehehe.....bukaan bukaaan, bukan gallerynya yang jalan tapi orangnya, hehehe.

Gallery Walk (GW) adalah salah satu metode pembelajaran active learning yang bisa diterapkan dikelas yang mampu meningkatkan keaktifan dan interaksi mahasiswa dalam pembelajaran orang dewasa.
Idealnya sih metode ini efektif untuk pembelajaran dikelas kecil dengan mahasiswa maksimal 30 orang, tapi berhubung jumlah mahasiswa saya ditiap kelas adalah 60 orang, makanya dibutuhkan modifikasi disana sini, agar tujuan pembelajaran tercapai;)

Anyway, sebenarnya hari ini ada dua kelas yang saya harus handle untuk mata kuliah Keperawatan Komunitas & Keluarga dengan jumlah total mahasiswa +/- 120 orang, Kelas B1 (60 orang) dan kelas B2 (60 orang). Sedianya jadwal pelaksanaan GW kelas B2 adalah jam 13.00 - 14.40 (2 x 50 menit) lalu disambung dengan dengan GW untuk kelas B1 jam 14.40 - 16.20, tapi berhubung saya ada rapat di Rumah Sakit Pendidikan Unhas jam 13.00 - 15.00 WITA, terpaksalah kelas B2 saya gabung pelaksanaannya bersamaan  dengan kelas B1 di jam 15.00 WITA.

Mekanisme GW dimulai dengan tahap early planning. Beberapa hari sebelumnya saya telah mengumumkan dikedua kelas tersebut bahwa akan dilaksanakan GW untuk topik tertentu yang sudah saya tentukan. Oleh karena itu, mereka harus membagi diri dalam kelompok2 kecil untuk bekerjasama. Karena jumlahnya lumayan besar, maka saya bagi mereka dalam 12 kelompok (topiknya cuman 6, jadi tiap topik  yang sama akan dibuat oleh dua kelompok), dimana masing2 kelompok terdiri dari 5-6 orang. Tiap kelompok ini harus menyiapkan materi dari topik yang sudah ditentukan dan dimanifestasikan dalam bentuk poster yang nantinya akan dipamerkan ke kelompok lain.
 (Kelas Ners B1 In action)
Pada hari H (hari ini nih critanya....), tiap-tiap kelompok menampilkan poster di stand masing-masing yang sudah dibuat cantik layout dan desainnya (ada adu kreatifitas nih soalnya, hehehehe). Tiap stand akan dijaga  oleh 1-2 orang (tergantung kesepakatan kelompok), selebihnya akan menjadi pengunjung distand kelompok lain. Waktu perpindahan dari satu stand ke stand lain adalah 5 menit.
Agar waktu menjadi lebih efektif, setiap kali akan terjadi perpindahan, saya memberi aba-aba "3...2...1, Pindah!!!! dan mereka pun bergeser ke kelompok berikutnya, misalnya dari 1 ke 2, 2 ke 3, 3 ke 4, ......12 ke 1, dst (ini biar gak ada tabrakan kayak kereta api mabok, hehehehe...). Oia, disini masing2 penjaga stand harus menampilkan materinya secara verbal sambil menunjukkan visualisasi poster mereka kepada pengunjung yang datang. Setelah penjelasan dari penjaga stand selesai, maka pengunjung diperbolehkan bertanya terkait materi yang telah disampaikan. Pengunjung juga disyaratkan untuk mencatat informasi apa saja yg mereka peroleh ditiap2 stand. Nantinya begitu mereka kembali kekelompok asal, mereka bertanggungjwab untuk menjelaskan kembali informasi2 tersebut kepada anggota kelompok mereka yang bertugas sebagai penjaga stand.
(Kelas Ners B2 in action
Setelah semua kelompok selesai berkunjung kestand2 yang ada, maka sesi berikutnya adalah diskusi dalam kelompok. Seperti saya sebutkan diatas, maka dalam diskusi ini anggota kelompok yang bertugas berkeliling sebagai pengunjung akan menjelaskan ulang informasi yang diperolehnya dari stand lain kepada anggota yang bertugas sebagai penjaga stand. Dalam diskusi ini juga, penjaga stand akan melaporkan jika terdapat pertanyaan2 dari kelompok lain yang tidak mampu dijawab oleh penjaga stand spada saat pelaksanaan GW, untuk dicari jawabannya. Agar kelompok tidak ngobrol ngalor ngidul, sesi ini saya plot waktunya hanya sekitar 10 menit saja.

Sesi ketiga adalah sesi feedback dari saya selaku fasilitator, juga feedback dari kelompok, yang  durasinya adalah sekitar 10 menit. Disini saya memberikan reinforcement (penguatan) kepada seluruh kelompok tentang pelaksanaan kegiatan GW secara keseluruhan. Selain itu juga ada beberapa catatan yang saya buat terutama tentang keaktifan anggota kelompok, dimana masih ada beberapa mahasiswa yang saya lperhatikan belum terlalu involved dalam kegiatan GW ini. Tapi, ya itulah kembali ke style belajar masing2 individu. Bisa jadi mungkin mereka tidak terlalu cocok dengan metode ini atau ada faktor lain yang membuat mereka tidak terlalu antusias pada saat GW berlangsung. Tapi itu hanya 1 - 2 orang saja. Secara umum mereka tidak mengganggu jalannya GW, hanya saja ini menjadi penilaian tersendiri buat saya dalam menilai keaktifan mereka.

Nah, sebenarnya sesi ini berakhir pada bagian feedback oleh fasilitator. Tapi untuk menghargai  hasil jerih payah dan kreatifitas mereka, saya tambahkan satu sesi penghargaan atau sesi Award buat mereka. Khusus sesi ini saya menyiapkan hadiah kecil bagi kelompok terfavorit pilihan penonton, eh,,,maksudnya pilihan kelompok, hehehe.
Harganya tidak seberapa sih memang, hanya sebuah PIN. Tapi pin ini saya pesan khusus hanya untuk mata kuliah ini saja lho, so...pastinya limited edition doooong alias terbatas tas tas.... Jadi, jika nanti anda melihat ada mahasiswa ners B yang mengenakan PIN dengan warna dasar putih bertuliskan "The Winner, Nurse Community Unhas", that's they are, the favorit group;)
Dari hasil voting kelompok, akhirnya terpilih group favorit pilihan pemirsa Karena ada dua kelas paralel, maka pastinya ada dua kelompok pemenang. Satu dari kelas B1 dan satunya lagi dari kelas B2. Untuk kelas B1 pemenangnya adalah kelompok VI dengan topik Kesehatan Jiwa Masyarakat, sedangkan dari kelas B2 adalah kelompok 8 dengan topik Usaha Kesehatan Sekolah.
Selamat buat para pemenang, dan selamat juga bagi seluruh mahasiswa yang telah berpartisipasi dalam kegiatan Gallery Walk ini. Semua kelompok telah menunjukkan kemampuan mereka dalam mendesign tampilan poster secara maksimal, dan saya harus akui, mereka memang benar-benar kreatif untuk urusan ini.  Four thumbs up deh buat mereka, karena mereka berhasil meruntuhkan stigma negatif selama ini bahwa usia menurunkan kreatifitas individu. Salah....salah besar, mereka telah membuktikannya! They're all talented.......They're great!!! Keep the creativity alive forever!!;)
(Atas: Group terfavorit kelas Ners B2; Bawah: Group terfavorit Kelas Ners B1)

8 komentar:

  1. Hebat bu Aya...Atau mgkn lebih cocok klo di Ners Aya. Sy salut, four thumbs up juga sy berikan mewakili alumni2 Ners B. Jarang ada dosen yg mengakui anak2 Ners B, biasax kami dianggap nggak kreatif, suka melawan dan kuliah hanya numpang lewat sekedar formalitas sj.
    Metode GW ini baru bagi kami (jd ingat kayak jaman waktu masih ada pameran2 antar SMA dulu), waktu kami kuliah dulu, nggak ada yg kayak gini dan sepertinya cocok dgn Ners B.
    Sekali lagi masing2 dari kami memberikan four thumbs up dari kami semua Ners B lulusan thn 2008. Kalikan coba 4 thumbs x 80 mhsw = 320 jempol diberikan...

    BalasHapus
  2. Makasih banyak tuk complimentnya Ns. Sanco.
    Metode ini sebenarnya sudah lama ada, cuman belum terlalu familiar dalam sistem pendidikan konvensional kita.
    Mudah-mudahan ini bisa membangkitkan minat belajar mahasiswa khususnya Ners B sebagai bagian dari proses pembelajaran lanjut mereka.

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum
    bu Aya, saya tertarik dengan metode pembelajaran Gallery walk tersebut sehingga saya membuat topik skripsi saya tentang Gallery walk, kalau boleh tahu apa ada buku tentang gallery walk seperti yang anda tulis di atas ya? mohon informasinya, Terimakasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh, maaf sekali saya gak punya bukunya Mbak. Gallery Walk ini saya terapkan dikelas setelah sharing dgn beberapa dosen dari fakultas lain yg telah mengikuti pelatihan active learning method yg digagas USAID. Coba deh di google diinternet ttg "active learning" atau "gallery walk method" banyak kok link informative ttg methode ini.

      Hapus
  4. @widarti: Waduh, maaf sekali saya gak punya bukunya Mbak. Gallery Walk ini saya terapkan dikelas setelah sharing dgn beberapa dosen dari fakultas lain yg telah mengikuti pelatihan active learning method yg digagas USAID. Coba deh di google diinternet ttg "active learning" atau "gallery walk method" banyak kok link informative ttg methode ini.

    BalasHapus
  5. Owh begitu, kalau diinternet seringnya hanya di blog-blog, kalaupun misal ada jurnal itu Gallery walknya berbeda dengan yang saya maksud (memang ada beberapa variasi gallery walk), sedangkan gallery walk yang saya maksud sama seperti yang ibu tulis di atas. nah, saya membutuhkan referensi untuk skripsi saya, kalau misal dari blog kan tidak boleh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf Saya sendiri tidak memiliki bukunya. Saran saya, coba cari literature atau jurnal berbahasa inggris (bukan yg berbahasa Indonesia yg ada diblog yg anda sebutkan), coba juga digoogle scholar, jangan hanya gunakan kata kunci "gallery walk" untuk keywords pencariannya, tapi coba gunakan kata kunci "active learning" atau dicombined agar bisa dapat lebih banyak academic literature. Syukur2 bisa dapat jurnal articles yg fulltext.

      Hapus
  6. Iya terimakasih sekali untuk infonya...akan saya coba..

    BalasHapus